Tesis: Pengertian, Karakteristik, Tujuan, Jenis, dan Contoh Lengkap

Diposting pada

Tesis adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa tingkat strata 2 untuk menyelesaikan studinya.

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan impian banyak orang. Setelah mendapatkan gelar sarjana, sebagian orang akan melanjutkan lagi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S-2 untuk mendapatkan gelar magister.

Setelah mendapatkan gelar magister, dilanjutkan lagi ke jenjang S-3 untuk mendapatkan gelar doktor.

Bagi para penempuh pendidikan di perguruan tinggi, istilah tesis bukan lagi hal yang baru.

Namun, istilah ini akan terdengar asing bagi orang awam.

Bahkan, terkadang kalangan akademisi pun hanya sekedar tahu secara istilah saja.

Oleh karena itu, berikut akan dipaparkan pembahasannya.

Ilustrasi Karya Tulis Ilmiah Tesis
Ilustrasi Karya Tulis Ilmiah Tesis

1. Pengertian

Menurut KBBI, pengertian tesis adalah tugas akhir mahasiswa dalam bentuk dokumen tertulis yang dalam pembuatannya menggunakan metode ilmiah, mengikuti kaidah penulisan yang baku dan sistematis, serta dapat dipertanggungjawabkan kepada dosen pembimbing dan penguji.

Tesis merupakan tugas akhir mahasiswa tingkat S-2 atau magister.

Pendapat lain menyatakan definisi tesis sebagai pernyataan ataupun sebuah teori yang didukung oleh argumen dan dikemukakan dalam sebuah karangan ilmiah dalam rangka mendapatkan gelar kesarjanaan di perguruan tinggi.

Tesis juga dapat berarti sebuah bukti kemampuan seorang pelajar yang dibuktikan dalam bentuk penelitian dan pengembangan ilmu pada suatu bidang keilmuan.

2. Karakteristik

Apabila dikaji lebih lanjut, sebuah tesis memiliki 4 karakteristik dasar sebagai berikut.

  1. Biasanya topik dipilih mengikuti program studi dari mahasiswa yang membuatnya. Topik tesis biasanya terfokus pada salah satu isu utama dari sebuah disiplin ilmu.
  2. Disusun berlandaskan pengujian empiris terhadap suatu teori tertentu.
  3. Dalam penyusunannya, tesis selalu menggunakan data primer sebagai data utama. Adapun data sekunder digunakan sebagai tambahan atau pembanding.
  4. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.

3. Tujuan Pembuatan

Apabila dibandingkan dengan tugas akhir lain di perguruan tinggi, tesis berada satu tingkat diatas skripsi dan satu tingkat di bawah disertasi.

Karya tulis ilmiah ini dibuat dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena ilmu pengetahuan secara komprehensif, merumuskan hipotesis yang didasarkan dari keilmuan dan teori serta mendapatkan jawaban dari hipotesis yang telah dirumuskan.

4. Penulisan

Seperti halnya skripsi, tesis juga memiliki sistematika penulisannya tersendiri.

Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut.

4.1 Judul

Judul penelitian pada tesis berisi pernyataan yang mencerminkan isi penelitian yang akan dilakukan secara spesifik.

Pada umumnya, judul mencerminkan konsep atau gagasan dari fenomena yang diteliti.

4.2 Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan berisi tanda tangan persetujuan dari komisi pembimbing yang menyatakan bahwa tesis yang diajukan layak untuk diteliti.

4.3 Lembar Pernyataan

Lembar pernyataan ini berisi pernyataan yang menyatakan bahwa tesis yang diajukan adalah asli, belum pernah digunakan untuk mendapatkan gelar akademik di perguruan tinggi manapun, memuat gagasan, ide, rumusan masalah dan penelitian yang secara murni hasil pemikirian penulis sendiri, tanpa bantuan pihak lain, kecuali arahan dan bimbingan dari komisi pembimbing.

Pernyataan pada tesis tersebut tidak terdapat pendapat atau karya-karya yang ditulis dan dipublikasikan oleh orang lain, kecuali memang ditulis sumber pustaka yang dijadikan acuan dan menuliskannya dalam daftar pustaka serta pernyataan tentang persetujuan dari komisi etik penelitian.

4.4 Abstrak

Abstrak berisi cakupan isi tesis yang mengemukakan intisari dari kerangka berpikir penulis, permasalahan penelitian, pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian, temuan-temuan penelitian, dan simpulan.

Uraian abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang masing-masing tulisan tidak boleh lebih dari 500 kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *