Cerpen: Pengertian, Fungsi Sastra, dan Jenis

“Cerpen atau cerita pendek adalah karya sastra yang berisi cerita mengenai suatu kejadian dan biasanya jumlah katanya tidak terlalu banyak.”

Karya sastra dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu karya sastra fiktif dan karya sastra non fiktif. Salah satu contoh dari karya sastra fiktif adalah cerpen. Cerpen merupakan kepanjangan dari cerita pendek, dimana panjangnya kata dalam cerita dibatasi. Penulisan cerita pendek lebih padat dan langsung pada tujuannya.

Ingin tahu lebih banyak tentang Cerpen? Yuk simak artikel di bawah ini!

Cerpen

1. Pengertian Cerpen

Cerpen sering ditemui di berbagai media cetak maupun elektronik. Cerpen memiliki beberapa pengertian menurut ahli di bidang sastra. Beberapa ahli memberikan penjelasan mengenai pengertian karya sastra yang satu ini, yaitu:

1.1 Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Cerita pendek masuk ke dalam prosa naratif fiktif yang menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) merupakan kisah pendek yang memberikan kesan tunggal dominan yang jumlah katanya kurang dari 10000 kata dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi. Menurut KBBI tidak ada cerita pendek hingga mencapai 100 halaman.

1.2 Saini dan Sumardjo

Di dalam buku apresiasi kesusastraan, cerpen merupakan cerita pendek dan mempunyai alur tunggal, sehingga dengan pendeknya alur dan kata pada cerpen orang dapat dengan mudah mengidentifikasinya. Namun, walaupun dengan jumlah kata atau sifat fisiknya yang pendek belum tentu juga orang bisa menetapkan sebagai cerita pendek.

Menurut Sumardjo cerpen adalah cerita pendek dengan membatasi diri yang membahas salah satu unsur fiksi dalam aspek terkecil. Pembatasan aspek masalah merupakan aspek yang digunakan untuk menentukan kependekan dari sebuah cerpen, tidak dari bentuknya yang lebih pendek dari novel.

1.3 Sayuti

Kualitas cerpen ditunjukkan dengan sifat compression yang artinya pemadatan, concentration atau pemusatan, intensity artinya pendalaman. Semuanya berhubungan dengan kualitas struktural dan panjangnya cerita.

1.4 Tarigan

Menurut Tarigan cerpen adalah cerita karangan atau rekaan dengan masalah yang singkat, padat, dan jelas serta terkonsentrasi dalam suatu kejadian.

1.5 Suharianto

Cerita pendek merupakan cerita fiksi berbentuk pendek yang ruang lingkup masalahnya hanya disajikan sebagian kecil saja pada kehidupan tokoh yang dapat menarik perhatian penulis/ pengarang serta memberikan kesan kompleks dan tunggal.

1.6 Kosasih

Cerpen adalah karya sastra yang dikarang dalam bentuk prosa. Cerita pendek menceritakan sepenggal kisah kehidupan tokoh dengan penuh konflik, peristiwa yang menyenangkan dan menyedihkan serta mengandung kesan mendalam yang tidak dapat dilupakan oleh pembacanya.

2. Ciri-Ciri Cerpen

Terdapat ciri-ciri atau karakteristik cerpen yang selalu ada di setiap cerita pendek. Ciri-ciri ini dapat digunakan untuk mengenali dan membedakan apakah karya sastra tersebut termasuk ke dalam kategori cerpen.