Ringkasan: Pengertian, Fungsi, Sistematika, dan Contoh Lengkap

Sebelum memublikasikan sebuah karya tulis, penulis perlu melakukan reproduksi berupa penyajian kembali sebuah karya tulis secara singkat. Kegiatan reproduksi tersebut dapat berupa ringkasan, abstrak, dan menyusun sintesis. Ketiga jenis tersebut merupakan salah satu bagian penting bagi penulis dan pembaca dalam memenuhi persyaratan kelengkapan penulisan.

Dalam artikel ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai ringkasan.

Ringkasan Tulisan

1. Pengertian Ringkasan

Ringkasan adalah salah satu bentuk penyajian ulang atau reproduksi karya secara singkat. Penulisan ringkasan ini dapat berasal dari sebuah bab buku ataupun artikel. Definisi ringkasan yang lainnya adalah sebuah tulisan singkat yang memiliki tujuan agar pembaca dapat memahami gagasan sebuah karya tulis serta pikiran penulis secara sistematis.

2. Fungsi Ringkasan

Ada beberapa fungsi dibuatnya ringkasan. Berikut ini beberapa fungsi ringkasan, yaitu memudahkan dalam membaca gagasan utama karya tulis, mudah dalam mengingat gagasan utama karya tulis, mudah dalam memahami gagasan utama karya tulis, cepat dalam mengingat kembali gagasan utama karya tulis, dan melatih kreativitas pembuat ringkasan.

2.1. Memudahkan dalam Membaca Gagasan Utama Karya Tulis

Uraian yang dibuat dalam ringkasan merupakan intisari atau ringkasan dari naskah asli. Dengan adanya karya tulis ini, maka pembaca dapat dengan mudah dalam membaca isi naskah aslinya secara menyeluruh tanpa pembaca harus membaca keseluruhan isi suatu karya tulis. Hal ini disebabkan oleh karya tulis ini hanya berisikan kalimat penting saja.

2.2. Mudah dalam Mengingat Gagasan Utama Karya Tulis

Dengan adanya ringkasan dari suatu karya tulis, pembaca dapat dengan mudah dalam mengingat isi atau gagasan utama dari suatu karya tulis. Karya tulis ini disusun secara teratur (mengikuti alur yang ada di dalam naskah asli) dan memuat kalimat penting yang lebih ringkas sehingga pembaca dapat dengan mudah dalam mengingat gagasan utama karya tulis.

2.3. Mudah dalam Memahami Gagasan Utama Karya Tulis

Ringkasan dapat membantu pembaca dalam memahami gagasan utama dalam suatu karya tulis. Hal ini dapat disebabkan oleh bentuknya yang lebih ringkas dibandingkan dengan naskah asli sehingga pembaca dapat dengan cepat memahami isi dari karya tulis.

2.4. Cepat dalam Mengingat Kembali Gagasan Utama Karya Tulis

Ringkasan dapat menjadi suatu alat yang dapat membatu pembaca dalam mengingat dengan cepat terhadap isi atau gagasan utama dari suatu karya tulis. Gagasan utama atau isi karya tulis dibuat secara ringkas dan padat tanpa mengubah alur tulisan yang dibuat dalam naskah asli dan menambahkan opini penulis. Penulis dapat menambahkan ilustrasi, seperti gambar ataupun grafik di dalam tulisannya.

2.5. Melatih Kreativitas Pembuat Ringkasan

Dalam membuat ringkasan dapat melatih atau merangsang kreativitas penulis. Setiap pembuatannya dapat memicu kreativitas penulis agar karya tulis yang dibuatnya menjadi lebih ringkas dibanding naskah asli, mudah untuk dibaca, dipahami, cepat mengingat kembali isi atau gagasan utama tanpa harus kehilangan intisari dan alur dari naskah aslinya.

3. Tujuan Pembuatan Ringkasan

Ringkasan merupakan suatu karangan atau karya tulis yang berisikan intisari atau gagasan utama dari suatu naskah (karya tulis). Tujuan pembuatan ringkasan adalah untuk membantu pembaca dalam membaca isi karya tulis, memahami isi karya tulis, dan mengingat isi karya tulis tanpa harus merubah alur dari naskah asli.