Pentingkah Belajar Bahasa Indonesia Itu?

Mungkin Anda pernah berpikir, apa belajar bahasa Indonesia itu penting? Toh kita orang Indonesia, setiap hari bicara Indonesia lantas buat apa kita belajar bahasa Indonesia?

Eits jangan salah, meskipun begitu sejatinya belajar bahasa Indonesia juga sama pentingnya seperti kita belajar bahasa Inggris.

Toh faktanya cukup banyak orang Indonesia yang masih belum bisa “berbahasa Indonesia” dengan baik dan benar.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang lebih memilih untuk berkomunikasi menggunakan bahasa daerah masing-masing.

Bahkan di pedalaman Papua, mayoritas dari mereka sama sekali belum mengerti bagaimana berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Sementara itu, teruntuk Anda yang tinggal di kota-kota besar, sudah seharusnya bisa berbicara menggunakan bahasa nasional negara Indonesia.

Sebenarnya apa saja sih yang membuat belajar bahasa Indonesia Indonesia itu penting? Berikut adalah penjelasannya:

Pentingkah Belajar Bahasa Indonesia

1. Mencerminkan Pribadi Seseorang

Penggunaan bahasa yang baik dan benar serta tahu kapan harus berbicara bahasa Indonesia dapat mencerminkan bagaimana pribadi seseorang dan orang terpelajar pasti akan melakukan hal tersebut.

2. Bahasa Indonesia adalah Bahasa Persatuan

Bahasa Indonesia pertama kali ditetapkan sebagai bahasa nasional sejak tahun 1928 tepat ketika terjadinya peristiwa sumpah pemuda.

Saat itu berbagai pemuda dari seluruh wilayah tanah air datang untuk mengucapkan sumpah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan Indonesia.

Di dalam kehidupan sehari-hari, tentu jika Anda bisa berbahasa Indonesia membuat komunikasi dengan suku lainnya menjadi jauh lebih mudah.

Jadi tak ada cerita lagi diskomunikasi dalam bersosial.

3. Bisa Memahami dan Mencerna Berita dengan Baik

Manfaat selanjutnya bila Anda menguasai dengan baik penggunaan bahasa Indonesia dengan baik adalah bisa memahami informasi dan mencerna berita yang didengar dengan sangat baik.

Tentu saja berita nasional disampaikan menggunakan bahasa Indonesia, bukan dengan bahasa daerah.

Bagi orang-orang yang tidak paham akan hal ini tentu akan terisolasi dan tidak bisa mendapatkan informasi yang up to date.

 

Selain masih banyak benefit yang bisa Anda dapatkan dengan mempelajari bahasa negara sendiri, memang kewajiban kita sebagai warga negara untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Untuk memulainya, kita bisa memulai dari lingkungan yang terkecil dulu yaitu keluarga. Biasakan ayah, bunda, dan buah hati untuk bercakap-cakap memakai bahasa Indonesia. Semua pasti bisa karena terbiasa, benar begitu bukan?