7 Pekerjaan yang Membutuhkan Ahli Bahasa Indonesia

Siapa bilang belajar bahasa Indonesia itu tak ada gunanya.

Memang di dalam kehidupan sehari-hari sebagian dari kita sudah terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, namun jika dipelajari lebih dalam maka ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya di dunia pekerjaan.

Nyatanya seseorang yang pada akhirnya menjadi ahli bahasa Indonesia sangat dibutuhkan di dunia kerja untuk beberapa profesi berikut ini yaitu:

Pekerjaan yang Membutuhkan Ahli Bahasa Indonesia

1. Editor di Penerbit atau Kantor Berita

Bagi siapapun yang mempunyai keahlian di bidang bahasa maka sangat memungkinkan untuk menjadi seorang editor tulisan.

Baik itu di kantor penerbit maupun kantor berita. Dengan semakin menjamurnya kantor berita maupun penerbit di Indonesia membuat Anda memiliki kesempatan dan peluang yang semakin besar.

2. Jurnalis

Selanjutnya, kamu bisa menjadi seorang jurnalis. Sudah barang tentu bahwa seorang wartawan atau jurnalis harus memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Berita yang dikeluarkan juga notabene harus berbahasa Indonesia, kecuali berita asing maka menggunakan bahasa Inggris atau yang lainnya.

3. Linguis

Bila kamu merupakan lulusan Linguistik, tentu pilihan karier sebagai seorang linguis merupakan hal yang tepat dan profesi tersebut sangat mungkin didapatkan.

Linguis sendiri merupakan orang yang berprofesi mempelajari seluk beluk bahasa.

Seorang linguis akan banyak melakukan penelitian yang kaitannya dengan bahasa.

4. Duta Besar

Bekerja sebagai duta besar atau paling tidak bekerja di kantor kedutaan bukan sekadar mimpi bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang bahasa Indonesia dan bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Walaupun selama ini dianggap hanya lulusan sarjana Hubungan Internasional, tetapi lulusan sastra tetap memiliki kesempatan yang sama.

5. Menjadi Penulis

Penulis bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama dan juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Sudah barang tentu, seorang penulis harus bisa benar-benar memahami kaidah ejaan bahasa Indonesia yang benar sehingga tulisan yang dihasilkan pun benar-benar berkualitas.

Apapun jenis tulisan Anda baik itu novel, cerpen, esai, ataupun yang lainnya bisa dikirimkan ke penerbit untuk memperoleh penghasilan.

6. Content Writer

Content writer atau penulis konten mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang Indonesia.

Tetapi pada faktanya di era sekarang, profesi ini dinilai cukup menjanjikan selaras pertumbuhan startup yang semakin meningkat.

Seorang penulis konten diharuskan menuliskan berbagai konten pada sebuah website dan sudah seharusnya menguasai hal-hal mendasar tentang dunia bahasa.

7. Copywriter

Tertarik di dunia periklanan?

Dan juga memiliki kemampuan berbahasa yang baik?

Profesi copywriter bisa Anda jalankan. Tugas Anda adalah menulis promosi produk yang dijual perusahaan dan pada akhirnya nanti bakal diiklankan untuk menggaet banyak pembeli.

Soal gaji, tak perlu ditanya lagi pasti kamu mendapatkan gaji yang tidak sedikit.

 

Jadi mulai sekarang, jangan pernah ragu untuk belajar bahasa Indonesia.

Jika kemampuanmu sudah semakin mahir maka berbagai peluang pekerjaan akan berdatangan dan bisa kamu pilih.

Yuk cintai bahasa persatuan kita!