7 Novelis Terbaik di Indonesia Saat Ini

Novelis atau yang juga disebut pengarang novel ini merupakan orang-orang yang menulis karya fiksi berupa novel.

Sudah cukup banyak novelis yang ada di negara kita, baik yang tingkat pemula hingga yang sudah berpengalaman.

Pada kesempatan kali ini MBI akan menginformasikan beberapa daftar novelis terbaik Indonesia dengan beragam novel yang telah diciptakannya.

Siapa saja mereka?

1. Habbiburahman El Shirazy

Habbiburahman El Shirazy

Jika Anda pernah membaca novel Ayat-Ayat Cinta tentu sudah tidak asing lagi dengan pria yang satu ini. Ya, beliau merupakan Habbiburahman El Shirazy sang novelis kelahiran 30 September 1976. Banyak bukunya yang menjadi best seller, salah satunya novel Ayat-Ayat Cinta.

Tak hanya itu saja, novelis lulusan Universitas Al Azhar Mesir ini juga menerbitkan beragam novel lainnya seperti Di Atas Sajadah Cinta (2004), Ketika Cinta Berbuah Surga (2005), Pudarnya Pesona Cleopatra (2005), Ketika Cinta Bertasbih (2007), dan masih banyak lagi

2. Andrea Hirata

Andrea Hirata

Jika Habiburrahman El Shirazy terkenal dengan novel Ayat-Ayat Cinta, maka Andrea Hirata merupakan sosok novelis terkenal dengan novel Laskar Pelangi-nya. Andrea Hirata yang berasal dari Pulau Belitung ini juga menerbitkan novel lainnya yang juga tak kalah populer yakni Sang Pemimpi pada tahun 2006.

3. Dewi Lestari

Dewi Lestari

Sosok wanita yang satu ini selain seorang novelis juga merupakan seorang penyanyi. Sudah banyak novel yang telah Dewi tulis, salah satunya adalah Perahu Kertas. Wanita yang juga kerap disapa Dee ini mulai terkenal setelah menerbitkan novel Supernova pada tahun 2011.

4. Tere Liye

Tere Liye

Total sudah lebih dari 20 karya novel yang telah beliau ciptakan. Di antaranya yaitu Hafalan Shalat Delisa, Moga Bunda Disayang Allah, dan Bidadari-Bidadari Surga. Pria kelahiran Lahat, Sumatera Selatan ini tumbuh dari keluarga yang sangat sederhana, namun meski begitu berkat ketekunannya kini Tere berhasil menyandang salah satu novelis terbaik yang ada di Indonesia.

5. Pidi Baiq

Pidi Baiq

Apakah Anda pernah menonton film Dilan? Atau pernah membaca novelnya? Pidi Baiq merupakan sosok penting di balik hadirnya novel Dilan yang kini banyak digandrungi oleh kaum muda. Pria kelahiran Bandung Jawa Barat ini mulai terkenal saat menjadi bagian dari grup band The Panas Dalam yang didirikan tahun 1995.

6. Raditya Dika

Raditya Dika

Raditya Dika merupakan seorang novelis yang kini juga menjadi seorang Youtuber. Novel pertamanya adalah Kambing Hitam yang mengisahkan kisah kehidupannya selama hidup di Australia. Tak hanya itu saja, Raditya Dika juga lihai dalam hal stand up comedy.

7. Ayu Utami

Ayu Utami

Selain sebagai novelis, Ayu Utami juga dikenal sebagai seorang jurnalis. Ayu mulai dikenal sebagai penulis novel sejak novel “Saman” memenangi sayembara penulisan roman Dewan Kesenian Jakarta 1998. Kini Ayu bekerja di jurnal kebudayaan Kalam dan di Teater Utan Kayu.

 

Itulah beberapa daftar novelis terbaik yang dimiliki negara kita saat ini. Semoga kalian yang bercita-cita menjadi seorang penulis bisa mengikuti jejak mereka semua. Semangat!