Istilah Populer dan Penting dalam Dunia Trading Saham

Terdapat beberapa orang yang mungkin sudah familiar dengan saham, tetapi ada juga beberapa orang yang masih bingung dengan apa itu saham.

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan suatu kepemilikan dalam sebuah perusahaan.

Setelah tahu pengertian sederhana dari saham, Anda juga perlu tahu beberapa istilah populer dalam saham.

Apa saja ya?

Simak sampai selesai yuk!

Berbagai istilah di dunia trading saham

 

1. Bearish

Bearish adalah suatu istilah yang digunakan ketika pasar saham mengalami penurunan atau melemah.

Penurunan ini biasanya disebabkan adanya perlambatan atau penurunan pertumbuhan ekonomi.

2. Bid dan Offer

Dalam saham, bid berarti nilai beli yang diajukan melalui perusahaan kepada calon investor, sedangkan offer adalah nilai jual yang diajukan melalui perusahaan kepada investor.

3. Blue Chip

Blue Chip merupakan sebuah istilah yang mengarah pada saham dari perusahaan besar yang mempunyai liabilitas dengan jumlah tidak terlalu banyak dan pendapatan yang stabil.

4. Bullish

Bullish merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kondisi harga saham yang mengalami peningkatan secara berkelanjutan dan dalam jangka waktu tertentu.

Bullish juga dikenal dengan nama bull market.

5. Bursa Saham

Bursa saham atau bursa efek merupakan sebuah pasar yang bersinggungan dengan penjualan dan pembelian efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa tersebut.

Bersama dengan pasar uang, bursa efek merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah.

Bursa saham di Indonesia dikenal sebagai Bursa Efek Indonesia (BEI).

6. Capital Gain

Capital gain merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan nilai keuntungan yang didapatkan saat menjual aset tertentu seperti reksa dana, saham, properti, dan surat utang.

7. Cuan

Cuan merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan oleh trader dan investor pasar modal yang berhasil mendapatkan keuntungan.

Cuan sendiri diambil dari bahasa Tiongkok yang berarti untung.

8. Cum Date

Cum date atau cumulative date merupakan tanggal terakhir atau penentuan bagi investor yang ingin membeli saham dan berhak mendapatkan dividen dari perusahaan yang telah diumumkan.

9. Cut Loss

Cut loss merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebutkan kondisi di mana saham yang dimiliki akan dijual guna menghindari kerugian yang lebih besar karena adanya pergerakan harga berlawanan dengan yang sudah diperkirakan.

10. Dividen

Dividen merupakan pembagian laba yang dilakukan oleh perusahaan ke pemegang saham yang berasal dari keuntungan perusahaan selagi menjalankan sebuah usaha selama 1 periode.

Dividen ini tidak harus dilakukan oleh perusahaan emiten saham, tetapi diperbolehkan.

Pastinya, perusahaan tidak membagi seluruh keuntungannya dalam bentuk dividen karena sebagian keuntungan akan digunakan kembali sebagai modal ekspansi bisnis atau hal produktif lainnya.

11. Ex-Date

Ex-date atau expired date merupakan hari pertama di mana pemegang saham sudah tidak berhak lagi untuk mendapatkan dividen dari perusahaan.

Ex-date ini dijadwalkan 1 hari kerja setelah cum date.

12. Fee Trading

Dalam bahasa Inggris, fee berarti biaya dan trading yang berasal dari kata dasar trade berarti transaksi atau perdagangan.

Sehingga jika digabungkan arti fee trading adalah biaya perdagangan.

Biaya perdagangan yang dimaksud adalah jual beli surat berharga atau sekuritas yang dilimpahkan oleh perusahaan sekuritas kepada nasabah yang membeli atau menjual sekuritas secara online.

13. Lot

Lot adalah ukuran yang menunjukan seratus lembar saham (1 lot = 100 lembar saham).

Pembelian saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) minimal adalah 1 lot.

14. LQ45

LQ45 merupakan 45 emiten saham yang sudah melalui proses seleksi dengan likuiditas tinggi dan berbagai kriteria pemilihan lainnya.

Emiten sendiri berarti sebuah perusahaan yang sudah mencatatkan saham di bursa.

Emiten yang sebanyak 45 tersebut akan disesuaikan setiap 6 bulan sekali sehingga saham yang ada di daftar akan selalu berubah-ubah.

15. IHSG

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan merupakan indeks yang menggambarkan keseluruhan saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Indeks ini berupa sebuah daftar seluruh saham yang diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia.

16. IPO

IPO atau Initial Public Offering merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebutkan kondisi di mana sebuah perusahaan akan menjual sebagian sahamnya kepada masyarakat umum dengan tujuan untuk bisa mendapatkan dana tambahan guna melajukan operasional perusahaan dan mempercepat kegiatan pengembangan.

17. Market Capitalization

Market capitalization atau kapitalisasi pasar merupakan harga atau nilai sebuah perusahaan yang harus dibayarkan oleh seseorang jika ingin membeli suatu perusahaan.

Kapitalisasi pasar ini dihitung dengan cara mengalikan banyaknya lembar saham beredar perusahaan tersebut dengan harga saham perusahaan yang sedang berlangsung.

18. Private Equity

Private equity merupakan sebuah perusahaan yang berjalan dengan melakukan investasi berupa membeli saham di beberapa perusahaan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan saat saham dijual kembali.

19. Rally

Dalam dunia saham, rally merupakan istilah yang digunakan saat kondisi harga saham meningkat tajam.

20. Recording Date

Recording date merupakan tanggal berlangsungnya pencatatan nama-nama investor yang berhak memperoleh deviden.

 

Setelah tahu beberapa istilah populer dalam saham mungkin Anda sudah semakin yakin untuk berinvestasi.

Jadi kapan mau mulai nih?