Habib Rizieq Shihab, Pendiri FPI yang Mempunyai Banyak Pengikut

Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab atau Habib Rizieq Shihab merupakan seorang pemuka agama asal Indonesia yang juga dikenal sebagai pendiri FPI atau Front Pembela Islam.

Habib Rizieq juga dikenal sebagai salah satu pemuka agama yang memiliki banyak pengikut.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kisah hidup sang Habib?

Cari tahu di artikel ini yuk!

Habib Rizieq Shihab

 

Nama LengkapHabib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirJakarta
Tanggal Lahir24 Agustus 1965
Profesi UtamaPemuka Agama

Habib Rizieq merupakan anak kelima dari lima bersaudara.

Ayahnya bernama Habib Hussein bin Muhammad Shihab, dan ibunya bernama Syarifah Sidah Alatas.

Saat Habib Rizieq menginjak usia 11 bulan, sang ayah meninggal sehingga ia hanya diasuh oleh ibunya.

Sebagai ibu yang membesarkan anaknya sendiri beliau memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan bekerja sebagai penjahit pakaian dan perias pengantin.

Sang ibu sangatlah memperhatikan dan membimbing pendidikan agama Habib Rizieq.

 Pendidikan Habib Rizieq

Habib Rizieq menempuh sekolah dasar di SDN 1 Petamburan, Jakarta Pusat dan lulus pada tahun 1975.

Kemudian pada tahun 1976 ia melanjutkan sekolah menengah di SMP 40 Pejompongan.

Namun disebabkan jarak rumah ke sekolah terlalu jauh maka ia pindah sekolah ke SMP Kristen Bethel Petamburan dan lulus pada tahun 1979.

Saat SMA Habib Rizieq bersekolah di SMA Negeri 4 Jakarta, kemudian pindah sekolah sehingga pada tahun 1982 ia lulus di SMA Islamic Village Tangerang.

Pada tahun 1983 Habib Rizieq melanjutkan studi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab dengan memilih kelas bahasa Arab.

Setelah 1 tahun atau tepatnya pada tahun 1984 Habib Rizieq mendapatkan tawaran beasiswa dari OKI atau Organisasi Kerjasama Islam untuk kuliah di Arab Saudi.

Ia pun menerima dan kemudian melanjutkan program sarjananya di Universitas Raja Saud dengan mengambil jurusan Agama Islam Fiqih dan Ushul Fiqh.

Setelah lulus pada tahun 1990, Habib Rizieq memilih untuk mengambil program pascasarjananya di Universitas Islam Internasional Malaysia.

Namun 1 tahun kemudian sebelum studi magisternya selesai, ia kembali ke Indonesia karena kekurangan biaya.

Beberapa tahun kemudian Ia pun bisa melanjutkan pendidikannya lagi di Universitas Malaya dan berhasil mendapatkan gelar Master of Arts.

Pada tahun 2012 Habib Rizieq melanjutkan program pendidikan dokternya di di Universitas Islam Malaysia dengan mengambil jurusan Dakwah dan Manajemen.

Karier Habib Rizieq

Sebelum kembali ke Indonesia tepatnya pada tahun 1992, Habib Rizieq menjadi guru SMA di Arab Saudi selama satu tahun.

Setelah itu Habib Rizieq pulang ke Indonesia dan menjadi kepala sekolah di Madrasah Aliyah Jamiat Kheir hingga tahun 1996.

Setelah sudah tidak menjabat sebagai kepala sekolah lagi, Habib Rizieq menjadi guru Fiqih atau Ushul Fiqh.

Selain mempunyai pengalaman sebagai pengajar, Habib Rizieq juga mempunyai pengalaman organisasi yang mana pengalaman tersebut dimulai ketika ia menjadi salah satu anggota Jamiat Kheir.

Iya juga pernah menduduki jabatan sebagai anggota Dewan Syariah di BPRS At-taqwa Tangerang dan sebagai ketua dari sejumlah Majelis Taklim kawasan Jabodetabek.

Pada tanggal 17 Agustus 1998, dengan pengalaman tersebut Habib Rizieq mendirikan FPI di pondok pesantren Al Umm Tangerang.

Front Pembela Islam sendiri merupakan salah satu organisasi Islam yang pusatnya ada di Jakarta dan mempunyai tujuan untuk meluruskan hukum Islam serta menjadi suatu wadah kerja sama antara ulama dan umat.

Belajar Investasi dan Asuransi yuk di FA Finance agar cerdas finansial.