Eksposisi: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contoh

“Eksposisi adalah jenis paragraf atau penyajian tulisan yang dibuat dengan tujuan agar pembaca dapat menerima informasi dari tulisan secara jelas.”

Sejauh ini masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai jenis-jenis teks atau paragraf yang selama ini dibaca. Di dalam tata Bahasa Indonesia sendiri, teks atau paragraf memiliki fungsi yang bermacam-macam seperti berargumentasi, menyampaikan pendapat, hingga memberikan informasi. Berbagai macam fungsi dari teks ini dibedakan menjadi beberapa macam, salah satunya adalah jenis teks atau jenis karangan eksposisi.

Eksposisi sendiri merupakan salah satu dari berbagai macam jenis teks dalam struktur tata bahasa Indonesia yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan juga pengetahuan kepada para pembaca.

Agar pengetahuan Anda mengenai jenis-jenis karangan semakin bertambah, berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian, tujuan, ciri, strukutur, unsur, jenis, dan contoh lengkap eksposisi.

Karangan Eksposisi

1. Pengertian Eksposisi

Untuk memahami pengertian eksposisi memang tidak mudah jika hanya dilihat dari struktur kata yang dihadirkannya saja. Perlu adanya pencarian informasi yang lebih mendalam untuk bisa mengetahui pengertian dari jenis teks yang satu ini.

Eksposisi adalah salah satu dari berbagai macam jenis paragraf, di mana isi dari paragraf yang dikembangkan ini ditujukan untuk memberikan suatu penjelasan dan juga informasi dengan bentuk yang sangat padat, akurat, dan juga singkat.

Definisi eksposisi jika dikaitkan dengan asal bahasa, berasal dari bahasa Inggris yaitu expose yang berarti memaparkan suatu hal. Jadi karangan ini bila diartikan secara bahasa yaitu suatu tulisan atau paragraf yang memaparkan suatu hal berkaitan dengan informasi ataupun topik-topik tertentu yang ditujukan kepada para pembaca agar mereka dapat menerima informasi tersebut dengan sangat jelas.

2. Tujuan Pembuatan Karangan Ekpsosisi

Tujuan pembuatan teks ini adalah untuk memberikan pemaparan dan juga penjelasan terkait informasi suatu hal atau topik yang dibahas dengan sangat jelas kepada para pembacanya.

Adanya informasi yang jelas dari teks ini juga bertujuan agar para pembaca mendapatkan informasi dan juga pengetahuan baru atas infomasi yang telah disampaikan.

3. Ciri-Ciri Eksposisi

Bila dibandingkan dengan jenis paragraf yang lain, ciri-ciri eksposisi memiliki karakteristik yang khas dan berbeda. Ciri-ciri ini penting diperhatikan karena dapat digunakan sebagai patokan untuk membedakan apakah teks tersebut termasuk ke dalam eksposisi atau tidak.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari eksposisi yang bisa Anda ketahui.

  1. Jenis teks yang satu ini bersifat informatif. Artinya tujuan dari adanya teks eksposisi semata-mata hanyalah untuk memberikan informasi kepada para pembacanya.
  2. Adanya data-data akurat yang terdapat di dalam teks. Hadirnya data-data ini semata-mata untuk memberikan penguatan terhadap teks agar informasi yang dihadirkan menjadi lebih valid dan juga terpercaya.
  3. Dapat menjawab berbagai pertanyan 5W+1H yang muncul di benak pembaca sebagai bukti bahwa teks tersebut termasuk ke dalam teks eksposisi yang baik.
  4. Jenis teks ini juga tidak memiliki sifat mengajak dan juga mempengaruhi para pembaca untuk melakukan sesuatu. Namun, teks ini hanya memberikan informasi terkait suatu hal dan mempersilakan para pembaca untuk menilai sendiri informasi tersebut tanpa adanya unsur ajakan.
  5. Bahasa yang digunakan umumnya menggunakan bahasa yang baku dan penyampaiannya dilakukan secara lugas dan tidak bertele-tele.

4. Struktur Eksposisi

Pada umumnya, teks ini memiliki struktur eksposisi yang sangat jelas dan bisa diidentifikasi. Strukturnya sendiri dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu tesis, argumentasi, dan juga penegasan kembali.

Berikut akan dijelaskan tentang ketiga struktur tersebut.