Definisi: Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, dan Contoh Lengkap

Lahir di Indonesia, hidup di Indonesia, orang Indonesia asli, menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, tapi nilai ujian Bahasa Indonesia tidak pernah mencapai angka maksimal. Apakah Anda salah satu yang mengalami hal itu? Tenang, Anda tidak sendirian. Terlihat mudah, ternyata bahasa ibu kita ini terbilang gampang-gampang susah oleh karena itu sebaiknya kita lebih mendalami materi-materi Bahasa Indonesia dan dalam kesempatan kali ini, kita akan kupas habis seputar definisi.

Kita sering mendengar dan mengucapkan istilah tersebut. Tetapi apakah Anda tahu apa makna dari kata ini secara harfiah?

Jika belum, mari kita belajar bersama.

Berikut adalah panduan lengkapnya yang meliputi pengertian, tujuan, ciri, syarat, serta contohnya.

Pengertian Definisi

1. Pengertian Definisi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi diartikan sebagai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas; batasan (arti); dan rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi.

Pengertian definisi berbeda-beda menurut para ahli, namun di Indonesia pengertian dari KBBI merupakan acuan tertinggi. Selain karena terlengkap dan paling akurat, KBBI juga dirumuskan oleh lembaga resmi pemerintah Republik Indonesia tepatnya di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Pada intinya, definisi adalah upaya memberikan sebuah arti pada kata atau istilah.

2. Tujuan

Tujuan utama mendefinisikan adalah untuk memberi batasan atau makna pada sebuah istilah sehingga menghasilkan kesepakatan untuk masyarakat secara global.

3. Ciri-Ciri Definisi

Tidak semua arti kata maupun makna kata bisa disebut dengan definisi, sebab hal ini memiliki karakteristik tertentu. Ada dua istilah penting untuk memahami ciri-cirinya yakni definiendum dan definiens.

Definiendum adalah unsur istilah atau kata yang dijabarkan. Sementara definiens adalah unsur rangkaian kata maupun frasa atau kalimat yang berfungsi menguraikan pengertian.

Definiens yang dimulai dengan kata benda, didahului kata “adalah”.

Contoh: Teh adalah sejenis pohon berukuran kecil yang tumbuh di alam bebas yang memiliki daun berbentuk bulat telur atau jorong, berwarna hijau segar, dan pucuknya seringkali dilayukan kemudian dikeringkan untuk dibuat minuman atau campuran olahan makanan.

Definiens yang dimulai dengan selain kata benda, didahului kata “yaitu”.

Contoh: Minum yaitu memasukkan air atau benda cair ke dalam mulut dan meneguknya.

Definiens yang merupakan sinonim didahului kata “ialah”.

Contoh: Dahaga ialah haus.

4. Syarat

Tugas pemaknaan ini adalah untuk memberikan batas dan menentukan suatu pengertian yang dapat diterima secara universal dengan tepat, jelas, dan singkat. Batasan suatu istilah perlu dijelaskan agar tidak kabur dan tidak tumpang tindih dengan pengertian lain. Untuk itu, sebuah pemaknaan yang baik harus memenuhi syarat sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Adapun syarat-syarat pembuatannya menurut Bakry dalam bukunya Logika Praktis Dasar Filsafat dan Sarana Ilmu adalah sebagai berikut: