Biografi Sandiaga Uno, Pengusaha Muda Panutan

Biografi Sandiaga Uno ini bisa dijadikan inspirasi loh, jadi baca sampai akhir ya.

Mungkin nama Sandiaga Uno tidak lagi terdengar asing bagi masyarakat di tanah air, Indonesia.

Pengusaha yang sukses sekaligus pejabat publik yang terjun di dunia politik ini bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno.

Pria kelahiran Pekanbaru ini adalah putra dari pasangan Mein R. Uno dengan Razif Halik Uno.

Masyarakat mengenal Sandiaga Uno sebagai seorang wakil gubernur yang mendampingi Anies Baswedan yang terpilih selaku seorang Gubernur dari DKI Jakarta pada tahun 2017 silam.

Perjalanan hidup dari seorang Sandiaga Uno kemudian menjadi hal yang membuat banyak masyarakat Indonesia penasaran.

Biografi Sandiaga Uno
Biografi Sandiaga Uno
Nama LengkapSandiaga Salahudin Uno
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirRumbai, Pekanbaru, Riau
Tanggal Lahir28 Juni 1969
Profesi UtamaPolitikus, pengusaha, dan pejabat publik
Prestasi
  • Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2018
  • Lulus dengan IPK 4.00 di Universitas George Washington, Amerika Serikat

Latar Belakang Edukasi

Memulai tahap awal edukasinya di SD PKSD, Sandiaga Uno kemudian melanjutkan jenjang sekolah menengah pertamanya di SMP 12 Wijaya yang terletak di Jakarta Selatan.

Seusainya, Sandiaga memilih SMA Katolik untuk menamatkan jenjang sekolah menengah atas.

Sebagai seorang pemuda yang cerdas dan brilian, Sandiaga Uno sukses lulus sebagai Bachelor of Business Administration dan dinobatkan dengan predikat Summa Cumlaude di Wichita State University yang berlokadi di Kansas, Amerika Serikat pada tahun 1990.

Tak cukup sampai di situ saja, pada tahun 1992 Sandiaga Uno lulus setelah meneruskan program Master of Business Administration di negara yang sama, yaitu di perguruan tinggi The George Washington University dengan IPK sempurna (IPK 4).

Kelulusan masternya ini diperoleh dengan full beasiswa yang diperoleh Sandiaga karena kinerja cemerlangnya di perusahaan Bank Summa yang dimiliki William Soeryadjaya.

Prestasi yang dapat kita lihat dalam latar belakang edukasi seorang Sandiaga Uno ini memang sangat menginspirasi anak-anak muda untuk tidak menyerah berprestasi dalam pendidikannya.

Menjadi Pengusaha

Karier Sandiaga Uno bermula bukanlah sebagai seorang pengusaha.

Dahulu Sandiaga juga seorang karyawan yang berposisi sebagai manajer investasi di perusahaan Singapura yang bergelut di dunia investasi, yaitu Seapower Asia Investment Limited.

Kemudian pada 1995, Sandiaga meninggalkan Singapura dan bertolak ke Kanada untuk menjadi Executive Vice President di perusahaan NTI Resources Ltd.

Namun sangat disayangkan, pekerjaan dengan gaji sebesar 8.000 dollar tiap bulan saat itu harus berhenti karena terkena krisis moneter yang menyerang seluruh dunia.

Karena dipecat akibat krisis moneter, Sandiaga Uno pun menjadi seorang pengangguran.

Setelah dipecat dan kembali pulang ke tanah air Indonesia, Sandiaga berusaha untuk melamar berbagai pekerjaan baru, namun sebanyak 25 jumlah lamaran, tidak satu pun yang diterima.

Dari sinilah titik balik berubahnya pemikiran Sandiaga yang tadinya merupakan pola pikir seorang karyawan, kemudian menjadi pengusaha.

Sandiaga menamai dirinya sebagai seorang yang menjadi pengusaha sebab ada kecelakaan.

Perusahaan pertama yang didirikan Sandiaga adalah PT Recapital Advisors yang bergerak pada sebuah bidang jasa konsultasi keuangan.

Sandiaga mengelola perusahaan ini bersama rekannya, Rosan Perkasa Roeslani yang dahulu adalah teman masa SMA.

Pada 1998, Sandiaga Uno mendirikan perusahaan yang sukses hingga sekarang bersama Edwin Soeryadjaya, yaitu PT Saratoga Investama Sedaya yang bergerak dalam bidang investasi.

Pengalamannya yang panjang setelah bekerja di posisi manajer investasi di perusahaan Singapura dan juga wawasannya dalam memangku jabatan executive vice president di Kanada, membuat Sandiaga mahir dalam memimpin perusahaannya menjadi maju dan sukses.