Biografi Ridwan Kamil, Arsitek Jenius yang Menjadi Politikus

Siapa yang tak kenal Ridwan Kamil? Sosok yang ramah dan sangat dicintai oleh masyarakat semua kalangan di Kota Bandung 6 tahun silam. Nama Beliau melambung tinggi sejak menjadi Walikota Bandung dan kini beliau telah menjadi Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil selain menjadi pejabat negara ia juga menjadi arsitek yang sangat handal. Banyak proses, rintangan, dan hambatan yang telah beliau lalui dalam berbagai pekerjaannya.

Yuk kita kenalan lebih jauh dengan pria berkaca mata ini!

Biografi Ridwan Kamil

Nama Lengkap (Beserta Gelar)H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirBandung
Tanggal Lahir4 Oktober 1971
Pendidikan TerakhirS2
Profesi UtamaGubernur Jawa Barat
Prestasi/ PencapaianWalikota Bandung 2013-2018

Gubernur Jawa Barat 2018 – sekarang

1. Kehidupan Pribadi

Ridwan Kamil yang akrab dipanggil Kang Emil merupakan anak kedua dari lima bersaudara. Beliau merupakan anak dari pasangan Dr. Atjie Misbach, S.H dan Dra. Tjutju Sukaesih. Ayahnya pernah menjabat sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran begitu pula ibunya pernah pernah menjabat sebagai dosen di UNISBA.

Pria berkacamata ini bertemu dengan sang istri, Atalia Prataya di Bandung pada tahun 1994 di sebuah pameran. Dua tahun kemudian, tahun 1996, Pria ini menikahi Atalia Praratya saat ia berusia 25 tahun Atalia masih berumur 23 tahun.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai 2 orang anak bernama Emmiril Khan Mumtadz dan Camilia Laetitia Azzahra. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, ya peribahasa tersebut memang cocok diberikan kepada Emmiril dan Camilia.

Walaupun sama-sama berkuliah di Institut Teknologi Bandung, Emiril lebih memilih masuk ke Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara. Sedangkan anak kedua bersekolah di SMA 3 Bandung.

Prinsip hidup yang diajarkan Kang Emil ialah bagaimana kita bisa hidup dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Prinsip hidup itulah yang ia pegangĀ  dan membuat ia selalu berusaha memberikan manfaat bagi banyak orang dan terbukti pada saat ia menjadi walikota Bandung dan mengaplikasikan ilmunya dalam membangun Kota Bandung.

Sejak masih kecil ia senang sekali hal-hal berbau visual dan menyukai dunia animasi. Ia gemar membaca buku, komik merupakan buku favoritnya. Ia juga gemar mengamati foto-foto berbagai kota di luar negeri. Bisa dibilang kegiatan tersebut merupakan hobi Kang Emil.

Menurut Dosen Jurusan Arsitektur di ITB ini, pekerjaan yang paling menyenangkan ialah hobi yang dibayar. Hobinya tersebut membuat ia menjadi arsitek hebat yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain. Selain itu daya imajinasi yang tinggi sangat mendukung bagaimana ia membuat design di atas kertas. Hobinya tersebut mengantarkan beliau untuk memilih jurusan Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung.

Sebenarnya saat akan mencalonkan walikota Bandung, Sang Istri tidak setuju dengan keputusan tersebut. Namun ia menjelaskan alasan yang sangat kuat mendorong dirinya untuk menjadi walikota. Hati dan niat untuk memberi manfaat untuk orang lain yang menjadi alasan Kang Emil maju menjadi Walikota Bandung periode 2013-2018.