Biografi Joko Widodo, Presiden Pembangun Indonesia

7. Asal Mula Nama Jokowi

Nama Jokowi muncul bermula ketika beliau aktif mengekspor mebel ke luar negeri, Eropa di bawah perusahaan miliknya, CV Rakabu. Salah satu pembeli produk kayunya yang berasal dari Prancis bernama Bernard sempat bingung ketika ingin mengirimkan pesanan kepada beliau.

Menurutnya nama Joko yang ada di Pulau Jawa itu banyak. Pernah waktu itu Bernard salah mengirim pesanan. Hal tersebut membuat Bernard memberi tambahan pada nama Joko Widodo menjadi Jokowi di setiap pengiriman yang ditujukan kepada Joko Widodo.

Seiring berjalannya waktu nama Jokowi menyebar dan menjadi lebih dikenal masyarakat hingga saat ini.

8. Penghargaan dan Prestasi Joko Widodo

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, Jokowi dapat dibilang sangat berprestasi bahkan beritanya sudah mencapai media intersional. Disebutkan bahwa Jokowi merupakan pemimpin yang prestatif.

Mulai tahun 2007 ia berhasil menjadi Satya Bhakti Kadin Jawa Tengah. Tahun 2008 ia memenangkan Leadership Awards dari Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Leadership Park.

Pada tahun 2010 Jokowi kembali memanen prestasi di antaranya dinobatkan sebagai Pelopor Inovasi Pelayanan Prima Presiden RI, Kategori Penggerak Sosial UGM, Apresiasi Visit Indonesia: Mengembangkan destinasi wisata dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2011 Inovasi Manajemen Perkotaan Awards Kementerian Dalam Negeri, Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama Presiden RI, Walikota Terbaik Gatra Awards dan masih banyak lagi yang ia raih pada tahun 2011.

Masih banyak lagi penghargaan dan prestasi yang Jokowi raih selama masa kepemimpinannya. Jokowi juga mendapatkan medali dari Afghanistan atas keberaniannya dalam upaya perdamaian dunia.

Ia juga masuk peringkat tiga besar walikota terbaik. Hal ini berkat keberhasilannya mengubah kota Surakarta yang banyak tindak kriminal menjadi pusat seni budaya.

Jokowi merupakan sosok yang pantas untuk dicontoh baik dari segi kepribadian, prestasi, kepemimpinan dan cara beliau berjuang dalam hidupnya hingga sukses seperti sekarang. Demikian biografi presiden 2 periode Indonesia ini yang dicintai rakyatnya. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca.

 

Editor:

Mega Dinda Larasati