Biografi Joko Anwar, Sutradara Keren Serba Bisa

Tokoh Ibu lengkap bersama loncengnya tidak lagi asing di telinga masyarakat penikmat film horor Pengabdi Setan. Film horor berkualitas ini banyak digandrungi oleh pecinta film tidak hanya dalam negeri namun hingga ke mancanegara. Kesuksesan besar yang diraih melalui film ini tidak hanya melambungkan aktor dan aktris yang berperan dalam mendalami karakter di film tersebut melainkan juga sutradara serta penulisnya, Joko Anwar.

Joko Anwar adalah orang yang memiliki peran besar dalam film tersebut sebagai penulis juga sutadaranya.

Tidak hanya itu film yang layak ditonton darinya tetapi masih banyak karyanya yang menarik.

Genre film yang disuguhkan juga tidak hanya horor tetapi ada thriller juga romansa hingga komedi juga digarapnya.

Biografi Joko Anwar

Nama LengkapJoko Anwar
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirMedan
Tanggal Lahir3 Januari 1976
Pendidikan TerakhirTeknik Penerbangan,Institut Teknologi Bandung
Profesi UtamaSutradara,produser film,dan penulis skenario
Prestasi/PencapaianSutradara Terbaik dan Skenario Film Terbaik pada berbagai ajang penghargaan dalam negeri dan internasional

1. Kehidupan Pribadi

Sejak dulu, kecintaannya terhadap film sudah terlihat. Walaupun masih menempuh pendidikan sekolah dasar, ia sudah mengetahui bahwa sebenarnya film itu dibuat oleh seseorang.

Di masa SMP, dalam pertunjukan drama di sekolahnya Joko menjadi sutradara dan mengadaptasi cerita dari The Merchant of Venice yang ditulis oleh Shakespeare.

Begitu juga saat di bangku SMA dengan membuat film pendek durasi tujuh menit yang menceritakan keseharian domba dengan proses editing yang sangat sederhana.

2. Keluarga

Sejak lahir dia dan keluarganya menghabiskan aktivitas di Sumatera Utara tepatnya di Medan. Dia dibesarkan dalam perkampungan miskin di Medan dan bukanlah seseorang yang berasal dari keluarga kaya.

Bahkan dulu dia sempat membayangkan bahwa kehidupannya saat itu hanya pura-pura dan sering berimajinasi bahwa ternyata dia adalah orang kaya. Kisah tersebut juga memberikan inspirasi bagi filmnya.

3. Riwayat Pendidikan

Sutradara kebanggaan tanah air ini pernah menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Medan dan lulus pada tahun 1993. Ia kemudian melanjutkan kembali pendidikannya karena memiliki kesempatan untuk bersekolah di US, tepatnya di Wheeling Park High School.

Meskipun sempat merasakan pendidikan di negeri Paman Sam, dia kembali ke Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Gelar sarjana didapatkan olehnya bukan melalui jurusan seni atau film juga bukan dari jurusan lainnya yang berhubungan dengan dunia perfilman atau teater juga seni peran lainnya. Jurusan yang diambil olehnya adalah Teknik Penerbangan di Institut Teknologi Bandung dan dia lulus di tahun 1999.

Orang tuanya tidak mampu untuk menyekolahkannya di sekolah film sehingga ia harus mengurungkan niatnya untuk menuntut ilmu di dunia perfilman karena biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Namun, hal tersebut tidak menghentikannya untuk mengulik minat yang dimilikinya. Ia kemudian bergabung dengan kelompok pecinta dunia perfilman yang ada di kampus tempatnya menempuh pendidikan tetapi dia ditolak setelah mengikuti audisi.