Biografi Joko Pinurbo, Sang Penyair Legendaris Indonesia

Joko Pinurbo merupakan sosok penyair terkemuka Indonesia. Ia banyak menulis karya-karya puisi yang khas dan memiliki warna tersendiri dalam dunia puisi tanah air. Tak semua orang tahu, banyak kisah menarik yang dialami oleh penulis puisi Joko Pinurbo sepanjang hidupnya. Selengkapnya bisa kamu baca pada biografi berikut ini:

Profil Joko Pinurbo

Nama Lengkap Philipus Joko Pinurbo atau Joko Pinurbo
Kebangsaan Indonesia
Tempat Lahir Sukabumi
Tanggal Lahir 11 Mei 1962
Profesi Utama Penyair
Prestasi
  • SEA Write Award 2014
  • Puisi terbaik dari Dewan Kesenian Jakarta
  • Hadiah Sastra Lontar
  • Dan lain sebagainya

Profil Joko Pinurbo

Philipus Joko Pinurbo atau yang lebih beken dengan nama Joko Pinurbo merupakan seorang penyair Indonesia kelahiran Sukabumi, 11 Mei 1962. Ia memilki istri bernama Nurnaeni Amperawati Firmina yang dikaruniai dua orang anak yaitu Paska Wahyu Wibisono dan Maria Azalea Anggraeni. Ayah Joko bernama Sumardi sedangkan ibunya bernama Ngasilah.

Sedari kecil, Joko Pinurbo sangat suka menulis. Pada tahun 1973 ia lulus dari sekolah SD Mardi Yuana Warung Kiara, Sukabumi. Selanjutnya ia meneruskan pendidikannya di SMP Sanjaya Babadan, Sleman dan lulus pada tahun 1976.

Kecintaannya terhadap puisi semakin tinggi semenjak ia masuk ke Sekolah Menengah Atas. Ia menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta.

KLIK DI SINI UNTUK TERUS MEMBACA