Biografi James Blunt, Penyanyi Bersuara Merdu dari Inggris

James Blunt merupakan sosok yang aktif dalam dunia tarik suara. Ia merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Inggris. Ia terkenal sebagai penyanyi solo yang kerap kali bernyanyi sambil memainkan alat musik seperti gitar, marimba, piano, dan beberapa alat musik lainnya. Di dunia musik, dirinya bernaung di bawah label Custard Records. Lantas, seperti apakah perjalanan hidupnya?

Biografi James Blunt

Nama LengkapJames Blunt atau James Hiller Blount
KebangsaanInggris
Tempat LahirWiltshare
Tanggal Lahir22 Februari 1974
Profesi UtamaMusisi
Prestasi
  • Pemenang MTV Europe Music Awards 2005 kategori Best New Act
  • Pemenang Digital Music Awards 2005 kategori Best Pop Act
  • Dan lain sebagainya

Tentang James Blunt

James Blunt atau yang memiliki nama asli James Hiller Blount merupakan seorang penyanyi yang lahir di Inggris, 22 Februari 1974. Ia merupakan anak dari seorang kolonel angkatan udara Inggris yang bernama Charles Blount, sedangkan Ibunya bernama Jane A.F. James juga mempunyai dua adik perempuan bernama Emily dan Daisy.

Ia merupakan lulusan dari Harrow School, London, Inggris. Selain itu, James Blunt juga pernah menempuh pendidikan di University jurusan Aerospace Manufacturing, Engineering and Sociology, dan juga Royal Military Academy Sandhurst. Masa kecilnya banyak dihabiskan dengan berpindah-pindah tempat tinggal dari Inggris, Cyprus, dan Jerman karena harus mengikuti ayahnya.

James Blunt pada saat usia 16 tahun telah memiliki lisensi pilot. Hal ini tidak terlepas dari peran ayahnya yang mengenalkan dunia Aeromodelling kepada dirinya. Sempat menjalani profesi di dunia militer, akhirnya pada tahun 2002 James Blunt memutuskan untuk meninggalkan dunia militer untuk mencoba hal yang lebih baru.

Karier JamesĀ  Blunt

Setelah keluar dari militer, James Blunt mulai berfokus di dunia musik. Pertama kali memulai karier di dunia musik, Blunt bergabung dengan label EMI dan merilis album pertamanya, BACK TO BEDLAM di tahun 2004.

Bahkan Single pertama yang dibuatnya ini, langsung meraih puncak Top 100 UK Singles Chart. Setelah itu James mengeluarkan Single berikutnya yang berjudul You’re Beautiful. Penjualannya semakin meningkat dan berawal dari inilah karier seorang James Blunt semakin menanjak.

Setelah sukses dengan album pertama, pada tahun 2007 ia kembali mengeluarkan album kedua yang bernama ALL THE LOST SOULS. Album kedua ini berhasil menjual lebih dari 60 ribu keping album pada awal perilisannya. Jumlahnya semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu, bahkan lagu-lagu tersebut banyak yang menduduki tangga teratas lagu Inggris.

Tak berhenti sampai di situ saja, pada November 2010, ia kembali mengeluarkan album ketiga yang berjudul “Some Kind of Trouble”. Bahkan hanya dalam waktu seminggu saja, album ini telah laris lebih dari seratus ribu keping. Sungguh pencapaian yang begitu luar biasa. Semakin lama nama James Blunt semakin melambung hingga saat ini.

Prestasi/Penghargaan James Blunt

Semakin populer di dunia musik, membuat dirinya menyabet banyak sekali penghargaan dari tahun 2005 hingga 2006. Tercatat, James pernah menjadi pemenang ajang MTV Europe Music Awards tahun 2005 untuk kategori Best New Act. Di tahun yang sama, dia berhasil memenangkan digital music awards untuk kategori best pop Act.

Sementara itu di tahun 2006, penghargaan yang didapatkan James Blunt semakin bertambah. Sepanjang tahun ini, James Blunt telah memenangkan lebih dari 7 kali penghargaan di bidang musik.

Salah satunya, ia pernah memenangkan NRJ Music Awards yang diselenggarakan di Prancis untuk kategori Best International Newcomer.

James juga pernah memperoleh penghargaan BRIT Awards kategori Best Pop Act dan Best Male, serta masih banyak segudang prestasi lainnya yang telah diperoleh oleh James Blunt.

Demikian pembahasan mengenai biografi James Blunt, semoga kita semua bisa memetik pelajaran dari kisah hidup seorang musisi Inggris yang satu ini. Sekian dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.