Biografi Joaquin Phoenix, Pemeran Joker Kontroversial

Setelah suksesnya film Joker terbaru, banyak orang yang penasaran dan mencari biografi Joaquin Phoenix yang menjadi pemeran utama dalam film tersebut. Memang, acting Joaquin Phoenix di film tersebut menuai banyak respon positif baik dari penonton maupun kritikus film.

Di film Joker, Joaquin Phoenix berperan sebagai Arthur alias Joker itu sendiri. Pendalaman karakter yang baik dan kemampuan akting yang sangat keren membuat film Joker menjadi salah satu film DCEU terbaik yang pernah diproduksi.

Namun ternyata sebelum bisa menjadi seperti saat ini, Joaquin Phoenix telah melalui banyak masa-masa kelam layaknya dalam film Joker.

Mulai dari kabur dari sekte sesat, kecanduan alkohol, hingga kehilangan orang yang sayangnya.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak biografi Joaquin Phoenix berikut ini.

Biografi Joaquin Phoenix

Nama Lengkap Joaquin Phoenix /Joaquin Rafael Phoenix
KebangsaanAmerika Serikat
Tempat LahirPuerto Rico
Tanggal Lahir28 Oktober 1974
Profesi UtamaAktor, Pemain Film
PrestasiBest Actors dalam Golden Globe Awards dan Best Compilation Soundtracks dari Grammy Awards

Masa Kecil Joaquin Phoenix

Joaquin Rafael Phoenix atau Joaquin Phoenix lahir di Puerto Rico pada tangga 28 Oktober 1974. Aktor berkebangsaan Amerika ini merupakan anak ke 2 dari 3 bersaudara yaitu River Phoenix dan Summer Phoenix.

Di masa kecilnya, Joaquin sering dipanggil dengan nama Leaf Phoenix.

Ia bersama kedua saudaranya mengawali karir dalam sebuah serial tv.

Film pertama yang membuat Joaquin Phoenix terkenal sebagai aktor adalah Space Camp (1986) dan dalam film tersebut, ia masih menggunakan nama Leaf Phoenix.

Dari situlah Joaquin Phoenix mulai membintangi banyak film-film box office.

Mulai dari To Die For (1995), Quills (2000), Gladiator (2000), Signs (2002), Her (2013), dan masih banyak lagi. Total ada lebih dari 50 judul film dan serial tv yang sudah dibintanginya.

Prestasi Joaquin Phoenix

Bukan hanya itu, Joaquin Phoenix juga mendapatkan banyak prestasi sebagai aktor dalam berbagai nominasi dan film.

Ia pernah menjadi nominasi dalam Young Artist Award, Chlotrudis Awards, British Academy Film Award, Golden Globle, dan masih banyak lagi.

Dan salah satu film terbaik yang pernah diperankan oleh Joaquin Phoenix adalah Walk The Lines (2005) yang merupakan biografi film Johnny Cash, salah satu musisi legendaris di tahun 70’an. Ia juga berhasil mendapatkan prestasi sebagai Best Actors dalam Golden Globe Awards dan Best Compilation Soundtracks dari Grammy Awards.

Kisah Joaquin Phoenix Kecanduan Alkohol

Tetapi dari situ pula, ia memiliki masalah yang cukup serius. Sejak memerankan Johnny Cash, Joaquin Phoenix menjadi seorang yang kecanduan alkohol. Hal ini juga berkaitan dengan film tersebut sebab karakter asli Johnny Cash juga orang yang pecandu alkohol.

Ia menjadi sering berselisih dengan istri dan keluarganya.

Bahkan Joaquin Phoenix pernah tampil di sebuah acara talkshow yang dipandu oleh David Letterman dalam keadaan mabuk berat.

Hal ini tentunya membuat David kesal karena ia tidak menjawab pertanyaan dengan benar.

Menjadi seorang pemabuk bukan hanya satu-satunya kisah kelam yang dimiliki oleh Joaquin. Dalam sebuah interview, ia pernah mengatakan bahwa ibunya pernah kabur bersama kakak dan dirinya dari sebuah sekte sesat.

Kedua orang tuanya yaitu Arlyn Phoenix dan John Lee Bottom, pernah mengikuti sebuah sekte sesat dimana sekte tersebut mengharuskan anak-anak berhubungan tidak pantas dengan orang tuanya sendiri.

Karena merasa kesal dan takut, Arlyn Phoenix akhrinya membawa kabur anak-anaknya ke Amerika Serikat dengan menyelundupkannya melalui kapal barang. Di sana, mereka semua memulai hidup baru dan melupakan semua tentang sekte tersebut.

Selain itu, Joaquin Phoenix juga pernah bertahun-tahun tinggal di sebuah gubuk kecil di San Juan. Pada saat itu, ia hidup bersama kedua orang tuanya yang masih menggunakan nama keluarga Bottom.

Itulah perjalanan karier dan biografi Joaquin Phoenix. Dengan suksesnya film Joker, nama Joaquin Phoenix semakin dikenal oleh masyarakat seluruh dunia.