Biografi Adian Napitupulu, Aktivis Penjatuh Orde Baru

Apakah Anda tahu, bahwa negeri ini memiliki tokoh aktivis yang berhasil menjatuhkan rezim Orde Baru? Apakah Anda juga tahu bahwa tokoh ini juga seringkali mampu menarik perhatian publik lantaran kritik pedasnya terhadap beberapa rezim pemerintahan? Ya, dialah Adian Napitupulu, salah satu aktivis pedas yang memiliki peran penting pada masa Orde Baru dan Reformasi.

Kritikan pedasnya seringkali menuai kontroversi di media sosial.

Lalu, apa sebenarnya peranannya di dunia politik Indonesia?

Simak dengan baik artikel berikut ini ya.

Biografi Adian Napitupulu

Nama LengkapAdian Yunus Yusak Napitupulu, SH
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirManado, Sulawesi Utara
Tanggal Lahir9 Januari 1971
Pendidikan TerakhirSarjana Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI), Cawang, Jakarta
Profesi UtamaAnggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang membawahi bidang energi, lingkungan hidup, serta riset dan teknologi.
Prestasi / Pencapaian
  • Keberhasilan meraup 35.589 suara pada Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014 Dapil V Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Bogor.
  • Berhasil menjatuhkan rezim Orde Baru 1998 bersama dengan gerakan FORKOT (Forum Kota).
  • Berhasil menggalang dukungan untuk Megawati Soekarno Putri dengan mendirikan posko non PDI Perjuangan.

1. Kehidupan Pribadi

Adian Napitupulu memiliki istri bernama Dorothea Eliana Indah W. Pernikahannya dengan Dorothea dikarunia dua orang anak yaitu Achilles Alvaro Adian Napitupulu dan Aurora Alethea Adian Napitupulu. Pria yang sudah tidak asing lagi namanya di kancah politik Indonesia ini selalu tampil ‘nyentrik’ dengan gaya khasnya. Ia kerap kali tampil mengenakan celana jeans lengkap dengan jaket kulit dan sepatu kulit andalannya.

Pria berusia 48 tahun ini lebih memilih bergaya dengan ciri khasnya sendiri dibandingkan dengan mengikuti gaya para wakil rakyat pada umumnya yang identik dengan pakaian yang rapi. Hal yang tak biasa ini diakui kebenarannya oleh istrinya yang memaparkan bahwa Ia sulit menemukan pria lain yang memiliki kepribadian seperti suami kesayangannya itu.

Rupanya, keunikan yang dimiliki oleh Adian membuat Dorothea semakin jatuh hati kepadanya. Tidak hanya itu, Dorothea juga menegaskan bahwa Adian adalah sosok yang konsisten dalam berbicara maupun dalam memilih gaya berpakaian. Menurut sang istri, Adian bukan merupakan orang yang menyukai kepalsuan atau gemar berpura-pura untuk menaikkan ketenarannya di hadapan siapapun.

2. Keluarga

Adian Napitupulu terlahir dari pasangan suami-istri bernama Ishak Parluhutan Napitupulu yang merupakan pegawai negeri sipil di Kejaksaan Republik Indonesia dan Soeparti Esther, istrinya. Ayah Adian merupakan salah satu orang penting di Kejaksaan Republik Indonesia karena telah beberapa kali menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri di beberapa kota, seperti Kupang, Barabai, dan Kotamobagu.

Profesi ayahnya yang seringkali berpindah tugas ke beberapa kota membuat Adian sudah terbiasa hidup berpindah-pindah ke kota yang berbeda. Bahkan ketika Ia masih duduk di bangku sekolah dasar, Ia harus menerima kenyataan pahit bahwa ayahnya pergi meninggalkannya tepat pada tahun 1981 saat Ayahnya mulai bekerja di Kejaksaan Agung, Jakarta.