Biografi Abdurrahman Baswedan, Kakek dari Anies dan Novel Baswedan

“Jika dilihat dari namanya, mungkin ada banyak masyarakat yang bayangannya langsung tertuju pada nama gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan.”

Apakah mereka ada hubungan darah? Memangnya  siapa sih Abdurrahman Baswedan?

Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel ini dari awal hingga selesai, agar Anda juga bisa mendapatkan wawasan menarik lainnya!

Biografi AR Baswedan

Nama Lengkap Abdurrahman Baswedan
Kebangsaan Indonesia
Tempat Lahir Surabaya
Tanggal Lahir 9 September 2021
Profesi Utama Diplomat, Jurnalis, dan Mubaligh

Abdurrahman Baswedan atau yang lebih dikenal dengan nama A.R. Baswedan adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang mempunyai peran penting sebagai jurnalis, mubaligh, diplomat, dan sastrawan.

Ia menjadi salah satu diplomat pertama asal Indonesia yang berhasil memperoleh pengakuan secara de jure dan de facto bagi Republik Indonesia dari Mesir.

Kehidupan Pribadi

Abdurrahman Baswedan adalah anak dari seorang ayah bernama Awad Baswedan dan ibu Aliyah binti Abdullah bin Ahmad Djarhum.

Ia mempunyai istri bernama Sjaichun yang meninggal pada tahun 1948 karena terjangkit malaria.

Setelah itu, pada tahun 1950 Abdurrahman Baswedan menikah kembali dengan seorang wanita bernama Barkah Ganis yang merupakan seorang tokoh pergerakan wanita.

Dari pernikahannya, Abdurrahman Baswedan dikaruniai 11 anak dan 45 cucu.

Dua di antara cucu tersebut ada Anies Baswedan yang merupakan gubernur DKI Jakarta dan Novel Baswedan mantan seorang penyidik di KPK.

KLIK DI SINI UNTUK TERUS MEMBACA