Apa Perbedaan Rakyat, Warga Negara, dan Bangsa?

“Sering bingung dengan apa perbedaan antara rakyat, warga negara, dan bangsa?”

Bukannya mereka sama dan yang berbeda hanya namanya saja?

Untuk mendapatkan jawabannya, baca informasi di bawah ini hingga selesai ya!

Perbedaan rakyat, warga negara, dan bangsa

Rakyat

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian rakyat adalah penduduk suatu negara.

Rakyat juga didefinisikan sebagai salah satu unsur penting dalam pemerintahan.

Rakyat sendiri terdiri atas beberapa orang yang tinggal di wilayah atau pemerintahan yang sama, mempunyai persamaan ideologi, dan mempunyai hak serta kewajiban yang sama pula yaitu membela negara jika diperlukan.

Mereka mempunyai kewajiban dalam politik, ekonomi, dan sosial.

Misalnya seperti berpartisipasi dalam pemilihan umum, menjadi bagian penting dalam aspek politik, mengikuti peraturan politik yang telah ditetapkan, menjadi fundamental ekonomi pemerintahan, wajib membayar pajak, dan lain sebagainya.

Warga Negara

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dari warga negara adalah penduduk suatu negara atau bangsa yang berdasarkan pada tempat lahir, keturunan, dan lain-lain serta mempunyai kewajiban penuh sebagai warga dari negara tersebut.

Warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sudah ditentukan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Beberapa haknya adalah berhak memperoleh pekerjaan untuk kehidupan yang layak, mempertahankan kehidupannya, berkeluarga, mendapatkan pendidikan, dan masih banyak lagi.

Sementara kewajibannya adalah menghormati HAM atau Hak Asasi Manusia, ikut serta dalam upaya membela negara, patuh terhadap pembatasan yang telah ditetapkan, dan lain-lain.

Kita semua tahu bahwa ada WNI atau Warga Negara Indonesia dan WNA atau Warga Negara Asing.

WNI ini adalah orang-orang yang telah memenuhi syarat agar diakui oleh Undang-Undang.

Sementara WNA adalah orang-orang yang bukan penduduk asli Indonesia.

Seorang WNI bisa berubah menjadi WNA dan begitu pula sebaliknya.

Seseorang juga bisa saja mempunyai dua kewarganegaraan dengan beberapa persyaratan salah satunya adalah anak yang belum berumur 18 tahun.

Bangsa

Bangsa bisa dibedakan menjadi dua yaitu bangsa geneologis antropologis dan bangsa politik.

Bangsa dalam kedudukan geneologis dan antropologis adalah sekelompok orang yang mempunyai kesamaan asal keturunan, bahasa, adat, ideologi, sejarah, budaya, serta berpemerintahan sendiri.

Sementara bangsa dalam kedudukan politik adalah sekelompok orang yang mempunyai kesamaan tujuan dan cita-cita sehingga hidup bersama di wilayah tertentu.

Bangsa ini juga didefinisikan sebagai komunitas politik budaya yang telah sadar dengan persatuan, otonomi, dan persamaan kepentingan.

Unsur pembentuk bangsa adalah mempunyai bahasa, sistem politik yang dikehendaki, struktur sosial, asal-usul sejarah dalam bentuk ikatan, wilayah sebagai ruang hidup, dan mempunyai identitas kolektif sebagai pembeda dengan bangsa lain.

Jadi Apa Perbedaannya?

Pengertian antara rakyat, warga negara, dan bangsa memang cukup tumpang tindih atau mirip sehingga membingungkan banyak orang.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada sedikit perbedaan antara ketiganya.

Rakyat adalah orang-orang yang tinggal di suatu tempat atau negara sementara warga negara adalah status berdasarkan ketentuan hukum atau pengakuan hukum.

Jadi rakyat Indonesia adalah penduduk atau orang-orang yang tinggal di Indonesia, sedangkan warga negara ada yang menjadi penduduk Indonesia dan ada juga yang bukan penduduk Indonesia.

Orang dengan status WNI atau Warga Negara Indonesia bisa saja tinggal di luar negeri dengan persyaratan tertentu, demikian pula WNA atau Warga Negara Asing juga bisa tinggal di Indonesia.

Bisa dikatakan bahwa warga negara Indonesia termasuk dalam rakyat Indonesia.

Sedangkan bangsa adalah sekelompok orang yang hidup di suatu tempat atau negara dan mempunyai beberapa kesamaan misalnya seperti bahasa, adat, budaya, dan lain sebagainya.

Lalu apa bedanya bangsa dengan rakyat?

Rakyat adalah salah satu syarat adanya sebuah negara dan rakyat yang menempati suatu wilayah besar diakui sebagai bangsa.

 

Bagaimana nih?

Apakah sudah paham dengan apa yang menjadi perbedaan antara rakyat, warga negara, dan bangsa?

Jika sudah dan ingin memahami banyak informasi lainnya baca artikel di Forester Act Bahasa yuk!