Biografi Anies Baswedan, Sang Gubernur Rasa Presiden

H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. atau lebih akrab disapa Anies Baswedan adalah seorang akademisi dan politikus Indonesia yang lahir di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada tanggal 7 Mei 1969 dan saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017 sampai 2022.

Ingin tahu lebih dalam mengenai gubernur rasa presiden yang berprestasi ini?

Baca sampai habis dulu yuk!

Biografi Anies Baswedan sang Gubernur
Biografi Anies Baswedan sang Gubernur
Nama LengkapAnies Rasyid Baswedan atau Anies Baswedan
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirKuningan, Jawa Barat
Tanggal Lahir7 Mei 1969
Profesi UtamaPolitisi dan Akademisi
Prestasi
  • Penghargaan Gerald Maryanov Fellow dari Departemen Ilmu Politik Universitas Northern Illinois pada tahun 2004
  • Menjadi rektor paling muda di Indonesia (Universitas Paramadina) pada tahun 2007-2015
  • Masuk dalam Majalah Foreign Policy sebagai 100 Intelektual Publik Dunia pada tahun 2008
  • Penghargaan The Golden Award oleh Harian Rakyat Merdeka pada Juni 2013
  • Dompet Dhuafa Award dari Dompet Dhuafa pada Juli 2013
  • Penghargaan Anugerah Hari Sastra Nasional kategori Tokoh Inspirasi di Balai Budaya Pusat Bahasa pada Juli 2013
  • Dan masih banyak lagi

Anies Baswedan merupakan seorang politisi yang lahir sebagai anak pertama di keluarga akademisi.

Ayahnya bernama Drs. Rasyid Baswedan, S.U. adalah seorang dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia dan ibunya bernama Prof. Dr. Aliyah Rasyid, M.Pd. berprofesi sebagai dosen serta guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Negeri Yogyakarta.

Anies Baswedan juga merupakan cucu seorang pejuang pergerakan nasional yang pernah menjadi Menteri Penerangan yaitu Abdurrachman Baswedan.

Masa Kecil dan Pendidikan Anies Baswedan

Masa kecil Anies sudah mengenal dan dekat dengan dunia organisasi serta kepemimpinan bahkan saat berusia 12 tahun, Anies sudah bisa membentuk sebuah kelompok yang berisi anak muda antara umur 7 sampai 15 di kampungnya.

Kelompok ini diberi nama Kelabang atau Klub Anak Berkembang yang kegiatannya adalah mengadakan berbagai jenis kegiatan kesenian dan olahraga.

Anies Baswedan memulai pendidikan formalnya dengan masuk ke sekolah TK Masjid Syuhada di Kota Baru, Yogyakarta.

Kemudian Ia melanjutkan pendidikannya di SD Laboratori Yogyakarta, SMPN 5 Yogyakarta, dan SMAN 2 Yogyakarta.

Ketika SMA Anies pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan di Jakarta dan berhasil menjabat sebagai ketua OSIS se Indonesia yang mana mengetuai 300 delegasi SMA di Indonesia meskipun pada saat itu Anies masih ada di kelas 10.

Setelah menghabiskan masa SMA-nya selama 4 tahun karena ia berhasil terpilih menjadi peserta dalam program pertukaran pelajar yang diadakan oleh Bina Antarbudaya sehingga selama satu tahun ia berada di Mulwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Anies melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada.

Saat kuliah di Universitas Gadjah Mada ia aktif di gerakan Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI dan sempat menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa UGM.

Setelah lulus kuliah pada tahun 1995, Anies menerima beasiswa Fulbright di Universitas Maryland, College Park untuk pendidikan Master Bidang International Security and Economic Policy.

Karier Anies Baswedan

Pada tahun 2007, Anies Baswedan yang saat itu masih berumur 38 tahun dilantik menjadi rektor di Universitas Paramadina sehingga dinobatkan menjadi rektor paling muda di Indonesia.

Pada tahun 2014 saat Jokowi dan Jusuf Kalla dilantik menjadi presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.