5 Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki keberagaman budaya.

Keberagaman budaya ini menjadikan negara Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi nasionalnya.

Sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia memiliki beberapa fakta menarik yang jarang diketahui banyak orang.

Apa saja itu?

Fakta Menarik mengenai Bahasa Indonesia
Fakta Menarik mengenai Bahasa Indonesia

1. Menjadi Bahasa Urutan ke-9 yang Banyak Digunakan di Dunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki popularitas terbesar urutan ke-4 di dunia.

Tidak heran jika hal tersebut membawa bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia lebih tepatnya menempati urutan ke-9 di dunia.

Terdapat sekitar 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia seperti Kanada, Vietnam, Amerika Serikat, Australia, dan lain-lain.

Bahasa Indonesia sendiri menjadi bahasa asing yang paling populer urutan ke-4 di Australia lho.

Bahkan di negara tempat asal Kangguru ini terdapat kurang lebih sekitar 500 sekolah yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib.

Beberapa sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia di antaranya School of Oriental and Africal Studies – University of London, Hankuk University of Foreign Studies, University of Washington, University of Melbourne, dan lain-lain.

2. Masuk dalam 10 Besar Bahasa yang Sulit Dikenali

Terdapat sebuah penelitian di London School of Science and Technology yang membahas mengenai kualitas rekaman audio guna menebak bahasa yang diucapkan oleh seseorang.

Salah satu hal yang akan disimpulkan pada penelitian tersebut adalah kualitas rekaman audio bisa mempengaruhi seseorang untuk menebak sampai dengan 78 bahasa yang diputarkan.

Kesimpulan yang bisa diambil pada penelitian tersebut adalah bahasa Indonesia termasuk dalam urutan ke-10 sebagai bahasa yang sulit untuk dikenali melalui rekaman audio tersebut.

Salah satu alasan kenapa bahasa Indonesia sulit dikenali lewat rekaman audio adalah karena bahasa Indonesia memiliki logat yang cenderung lurus dan tidak memiliki irama dalam pengucapannya.

3. Menjadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

Pada tahun 2007 pemerintah daerah Ho Chi Minh City memberitahukan bahwa bahasa Indonesia akan dijadikan sebagai bahasa resmi kedua di Vietnam karena di Vietnam sendiri penggunaan dan kedudukan bahasa Indonesia sudah sejajar dengan bahasa Inggris, Jepang, dan Prancis.

Setelah pemerintah daerah Ho Chi Minh City menggumumkan kebijakan tersebut terdapat beberapa universitas di Vietnam yang pada akhirnya membuka program studi bahasa Indonesia.

Beberapa universitasnya adalah Universitas Nasional HCMC, Universitas Hong Bang dan Universitas Sosial dan Humaniora Vietnam.

4. Penutur Bahasa Indonesia Memiliki Lidah Paling Fleksibel

Diketahui penutur asli Bahasa Indonesia memiliki kecenderungan lidah yang lebih fleksibel daripada penutur bahasa lainnya.

Hal tersebut disebabkan logat penutur bahasa Indonesia yang terdengar beragam.

Maka dari itu orang Indonesia bisa lebih mudah untuk mempelajari dan berkomunikasi dengan orang lain mengikuti logat bahasa asing tanpa harus membawa logat asli bahasa Indonesia.

Sebagai contoh penutur bahasa Indonesia akan dengan mudahnya berbicara bahasa Inggris tanpa terlihat sedikitpun logat bahasa Indonesianya, tidak seperti orang asing lainnya seperti Jepang, Korea, dan Malaysia yang sangat kental dengan dialek bahasanya.

5. Bahasa yang Banyak Digunakan di Wikipedia dan WordPress

Ivan Lanin yang merupakan seorang pakar bahasa Indonesia dan wikipediawan pernah mengatakan bahwa Wikipedia Indonesia ada di urutan 26 terbesar dari 250 Wikipedia di dunia.

Di tingkat Asia sendiri Wikipedia berbahasa Indonesia berada di urutan ke-3 setelah bahasa Jepang dan Mandarin.