Profil Sandhy Sondoro, Penyanyi Bertalenta Indonesia

Sandhy Sondoro dikenal sebagai seseorang yang berprofesi sebagai gitaris, komponis, dan juga penyanyi. Ia merupakan salah satu musisi berbakat yang dimiliki Indonesia. Dahulunya, Sandhy Sondoro pernah meniti karier musik di negara Jerman. Seperti apakah kisah hidupnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Biografi Sandhy Sondoro
Biografi Sandhy Sondoro
Nama LengkapSandhy Sondoro
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirJakarta
Tanggal Lahir12 Desember 1973
Profesi UtamaPenyanyi, Gitaris, Komponis
Prestasi
  • Satya Lencana Karya Satya 2008
  • Juara 8 New Wave International Contest of Young Pop Singers 2009
  • Dan lain sebagainya

Profil Sandhy Sondoro

Sandhy Sondoro lahir di Jakarta, 12 Desember 1973. Ia lahir di tengah-tengah keluarga yang memang mencintai musik. Bahkan ia sudah mulai bermusik sedari SMA dengan membentuk grup band bersama teman-temannya. Ia juga pernah tinggal bersama pamannya di California sebelum pergi ke Jerman untuk tinggal di sana. Nah, di Jerman inilah Sandhy Sondoro memulai perjalanan kariernya yang dimulai sebagai musisi jalanan.

Selain bermusik, di Jerman ia juga belajar arsitektur. Sandhy juga membentuk grup band bersama teman-teman kampusnya. Lagu-lagu rock dari band Van Halen, The Black Crowes, dan Mr Big sering dibawakannya. Sandhy tinggal sendirian di sana tanpa didampingi oleh siapapun.

Ia bernyanyi dari cafe ke cafe, dari bar ke bar. Ia bermusik sambil memainkan gitar kesayangannya untuk memperoleh penghasilannya. Di sana, Sandhy Sondoro harus berjuang keras supaya dapat bertahan hidup di tengah kondisinya yang serba pas-pasan. Selama di Jerman, ia telah melatih kemampuannya dalam bernyanyi dan bermain gitar.

Hingga pada suatu saat, ia dipercaya mengisi berbagai festival musik salah satunya adalah Bode Museum Isle Festival. Tak hanya itu saja, Sandhy juga pernah tampil pada acara konser amal “Berlin for Asia” 2005 untuk gempa dan tsunami di Samudera Hindia.

“Why Don’t We” merupakan album pertama yang dikeluarkan oleh seorang Sandhy Sondoro. Karya tersebut benar-benar mendapatkan apresiasi dari warga Jerman dan warga negara Eropa lainnya. Tak hanya itu saja, Sandhy Sondoro juga telah banyak mengeluarkan album lainnya hingga saat ini.

Penghargaan/Prestasi Sandhy Sondoro

Sandhy Sondoro adalah musisi yang berprestasi. Selama kariernya ia telah mendapatkan banyak sekali penghargaan dari berbagai pihak. Pada tahun 2007, ia pernah mengikuti salah satu ajang pencarian bakat dan sekaligus mempromosikan lagu ciptaannya sendiri ke khalayak luas.

Pada ajang ini, Sandhy membawakan lagunya yang berjudul “Down on the Streets”. Lagu ini terinspirasi dari kisah hidupnya selama di metro Jerman. Lagu tersebut sukses mengantarkan Sandhy menduduki peringkat kelima. Tak lama setelah mendapatkan prestasi tersebut, Sandhy Sondoro banyak mendapatkan undangan untuk menghadiri berbagai acara stasiun televisi.

Tak hanya itu saja, Sandhy Sondoro juga pernah mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Jerman pada tahun 2008. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya di dunia musik sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Tak cukup sampai di situ saja, Sandhy Sondoro juga pernah mengikuti ajang New Wave International Contest of Young Pop Singers di Jurmala, Latvia, pada tahun 2009. Ajang tersebut cukup prestisius di negara Jepang, dan Sandhy berhasil mendapatkan prestasi yang cukup membanggakan yaitu dengan menjadi juara ke delapan. Ia menyanyikan lagunya yang berjudul “End of Rainbow” pada babak final di ajang tersebut.

 

Itulah sedikit biografi dari seorang Sandhy Sondoro. Musisi berbakat dan berprestasi yang dimiliki oleh Indonesia. Kamu pun juga bisa menjadi seperti Sandhy Sondoro, jadi musisi terkenal yang lagunya sering didengarkan oleh orang-orang Indonesia. Kuncinya terus berusaha dan jangan pernah berhenti berlatih. Semoga konten ini bermanfaat dan menginspirasi untuk semua.