Pengertian Literasi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya?

“Istilah literasi sudah banyak berlalu-lalang baik itu di internet maupun dunia nyata berupa lomba hingga program yang digiatkan oleh pemerintah.”

Memangnya apa sih literasi itu?

Apa juga manfaat, tujuan, dan jenisnya?

Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini agar Anda juga bisa mendapatkan keseluruhan wawasannya!

Pengertian Literasi Adalah

Pengertian

Secara etimologis, literasi berasal dari bahasa Latin yaitu literatus yang artinya adalah orang yang belajar.

Ada juga beberapa pengertian lain baik itu menurut lembaga atau para ahli, yaitu:

Menurut UNESCO, literasi adalah seperangkat keterampilan nyata khususnya dalam membaca dan menulis terlepas dari konteks yang didapatkan oleh siapa dan dari siapa.

Menurut National Institute For Literacy, pengertian literasi adalah kemampuan individu dalam menulis, membaca, menghitung, berbicara, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang dibutuhkan oleh pekerjaan, keluarga, dan masyarakat.

Pengertian literasi menurut Elizabeth Sulzby adalah kemampuan berbahasa seseorang dalam berkomunikasi yang berupa membaca, menyimak, berbicara, dan menulis dengan cara berbeda sesuai tujuannya.

Manfaat

Berikut adalah beberapa manfaat literasi, antara lain:

  1. Untuk menambah pengetahuan kosa kata seseorang.
  2. Mendapatkan banyak wawasan dan informasi baru.
  3. Kemampuan untuk memahami suatu informasi akan meningkat.
  4. Memaksimalkan kinerja otak karena sering dipakai untuk membaca dan menulis.
  5. Meningkatkan kemampuan seseorang untuk bisa merangkai dan menulis kata yang bermakna.
  6. Meningkatkan kemampuan verbal.
  7. Kemampuan interpersonal akan semakin meningkat.
  8. Meningkatkan kemampuan berpikir dan analisis.
  9. Membantu untuk meningkatkan daya fokus dan konsentrasi.

Tujuan

Di bawah ini adalah tujuan dari adanya literasi, antara lain:

  1. Untuk meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam menyimpulkan intisari dari informasi yang telah diterimanya dengan lebih baik.
  2. Untuk membantu seseorang dalam berpikir secara kritis dan tidak mudah bereaksi terlalu cepat.
  3. Untuk membantu seseorang dalam meningkatkan pengetahuan dengan cara membaca.
  4. Untuk membantu memupuk dan mengembangkan nilai budi yang baik.

Jenis

Adapun beberapa jenis literasi dan di bawah ini adalah penjelasannya, antara lain:

1. Literasi Dasar

Literasi dasar ini berarti kemampuan dasar dalam menulis, membaca, berhitung, dan mendengarkan.

2. Literasi Media

Literasi media adalah kemampuan untuk bisa mengetahui dan menguasai berbagai bentuk media baik itu media cetak, media elektronik, maupun media lainnya serta mengetahui pula bagaimana cara penggunaannya.

3. Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan berarti kemampuan untuk memahami dan membedakan antara karya tulis non fiksi dan karya tulis fiksi, mengetahui cara menggunakan indeks dan katalog, serta kemampuan untuk bisa memahami informasi saat membuat karya tulis dan penelitian.

4. Literasi Teknologi

Literasi teknologi adalah kemampuan untuk mengetahui dan memahami sesuatu yang berkaitan dengan teknologi misalnya seperti hardware dan software, memahami etika saat menggunakan suatu teknologi, dan mengerti bagaimana cara untuk menggunakan internet.

5. Literasi Visual

Literasi visual yaitu suatu pemahaman yang lebih dari kemampuan untuk menginterpretasi dan memberi makna dari informasi berbentuk visual atau gambar.

 

Penelitian yang dilakukan oleh PIRLS atau Progress in International Reading Literacy study menyatakan bahwa prestasi literasi mambaca untuk siswa kelas IV di Indonesia ada di urutan ke 41 dari 45 negara peserta.

Itu menjadi bukti bahwa kemampuan literasi di Indonesia masih rendah.

Bahkan menurut UNESCO pada tahun 2012, minat baca di Indonesia baru mencapai 0.001 atau hanya ada 1 dari 1000 orang yang mempunyai minat baca.

Untuk mengatasi hal ini pun, pemerintah Indonesia juga sudah menggiatkan beberapa program salah satunya adalah GLN atau Gerakan Literasi Nasional.

Kita sebagai masyarakat Indonesia yang budiman harusnya mendukung usaha ini salah satunya dengan mambaca berbagai artikel yang telah disajikan oleh Forester Act Bahasa!

 

Referensi:

Ruangguru.com. 2021. Memahami Pengertian Literasi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. [Internet]. Terdapat pada: https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-literasi

Selvima.com. 2020. Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. [Internet]. Terdapat pada: https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/