Kata Pengantar: Pengertian, Struktur, dan Tips Menulisnya

“Kata pengantar adalah tulisan yang berada pada awal suatu karya tulisan sebelum masuk ke inti bahasan yang biasanya mengungkapkan ucapan terima kasih dan sambutan awal.”

Tahukah Anda bagian apakah yang biasanya diletakkan pada halaman pertama suatu karya tulis? Tahukah Anda mengapa bagian tersebut diletakkan di halaman pertama? Layaknya pembuka sebuah surat cinta, bagian ini harus terlihat manis agar pembaca tertarik. Ya, bagian itulah yang sering disebut kata pengantar.

Lalu apakah Anda mengetahui apa itu kata pengantar?

Apakah fungsinya dan bagaimana cara membuatnya agar terlihat lebih manis seperti pembuka surat cinta?

Simak uraian berikut ini ya!

Kata Pengantar

1. Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah bagian yang berisi ucapan rasa syukur, tujuan, dan manfaat karya yang ditulis. Penulis juga mengungkapkan rasa terimakasih penulis kepada pihak-pihak yang telah membantu. Kata pengantar juga berisi harapan penulis untuk memperoleh kritik dan saran atas karya yang telah dibuat demi perbaikan karya-karya selanjutnya.

Kata pengantar biasanya disajikan di halaman pertama sebuah buku, makalah, atau karya tulis lainnya. Kata pengantar diletakkan pada halaman pertama suatu karya memiliki tujuan khusus. Tujuannya yaitu memberikan pengetahuan kepada pembaca bahwa penulis telah melewati banyak hal. Selain itu juga memberi tahu pembaca bahwa penulis telah melibatkan kontribusi banyak pihak dalam menyusun atau menulis karya tulis tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pengantar terdiri dari dua kata dasar yaitu kata dan pengantar atau antar. Pengantar merupakan salah satu jenis kata benda atau nomina yang memiliki arti pembimbing; orang yang mengantarkan; alat untuk mengantarkan; serta pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan.

Jadi kata pengantar menurut KBBI adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

2. Fungsi Kata Pengantar

Fungsi kata pengantar adalah mengantarkan pembaca kepada uraian isi dari suatu karya tulis atau karya ilmiah. Kata pengantar tidak hanya berfungsi sebagai media untuk menyampaikan rasa terimakasih dan rasa syukur. Tidak juga hanya memaparkan kelebihan dan kekurangan dari karya yang dibuat.

Kata pengantar merupakan kalimat pembuka atau kata pembuka untuk menyambut pembaca.

Kata pengantar juga dapat dijadikan sebagai media persuasif untuk mempengaruhi pembaca agar memiliki rasa penasaran terhadap karya yang akan dibaca. Selain itu, kata pengantar juga memiliki manfaat lain bagi pembaca, seperti memberikan gambaran tentang isi karya yang akan dibaca. Adanya kata pengantar diharapkan membuat pembaca lebih mudah untuk memahami isinya karena sudah dikenalkan terlebih dahulu melalui kata pengantar.

Adanya kata pengantar sangat penting untuk menunjang kredibilitas dan profesionalitas karya yang telah dibuat. Keberadaan kata pengantar pada bagian awal suatu karya akan memberikan makna penghargaan tersendiri bagi pembaca.