Jurusan Bahasa Indonesia Ada di Negara Ini, Dimana Saja?

Tak hanya di Indonesia saja, ternyata di beberapa kampus luar negeri juga terdapat jurusan bahasa Indonesia untuk dipelajari mahasiswanya. Bahkan di negara tersebut bahasa Indonesia telah menjadi sesuatu hal yang penting dan menjadi bahasa alternatif selain bahasa nasional/ negara.

Di mana sajakah negara tersebut?

Berikut adalah beberapa daftar perguruan tinggi di luar negeri yang menyediakan jurusan atau program studi Bahasa Indonesia.

1. Australia

Negara Australia

Salah satu perguruan tinggi di Australia yakni University of Southern Queensland menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu program studi yang bisa diikuti mahasiswanya.

Bukan sekadar itu saja, bahkan di beberapa sekolah dasar pun juga terdapat mata pelajaran bahasa Indonesia.

Hal tersebut menandakan bahwa, tidak hanya bahasa Inggris saja yang diajarkan sebagai bahasa asing, tetapi juga bahasa Indonesia.

2. Ukraina

Negara Ukraina

Sementara itu, perguruan tinggi di Ukraina yang membuka program studi Bahasa Indonesia adalah Taras Shevcenko National University of Kyiv.

Bahkan pemerintah Indonesia bersedia memberikan beasiswa bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan di sana.

3. Korea Selatan

Negara Korea Selatan

Di negara beribukota Seoul ini, Bahasa Indonesia hadir sebagai salah satu jurusan di Hankuk University of Foreign Studies.

Bahkan salah satu dosennya merupakan orang asli Indonesia yang bernama Tengsoe Tjahjono.

Wah, ternyata di Korea bahasa Indonesia sangat disukai ya.

4. Inggris

Negara Inggris

Di London Inggris, tepatnya di School of Oriental and African Studies (SOAS) – University of London, Inggris membuka jurusan Bahasa Indonesia.

Di program studi ini, mahasiswa bakal diajarkan bahasa hingga budaya yang ada di Indonesia.

Selain itu mahasiswa juga bisa mengikuti studi langsung ke Indonesia pada tahun keempat.

Keren bukan?

5. Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat

Di University of Washington di Seattle, Amerika Serikat juga memiliki jurusan yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia.

Tak hanya untuk program sarjana, tetapi juga untuk program pascasarjana (S2).

Mahasiswa di sana akan mempelajari tentang karya sastra karya Pramoedya Ananta Toer dan juga mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia.

 

Itulah beberapa kampus di luar negeri yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan mahasiswinya untuk belajar tentang bahasa Indonesia.

Bagaimana menurut Anda tentang hal ini?