Biografi Ganjar Pranowo, Gubernur Keren yang Tampan dan Merakyat

Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah periode kedua yang sudah menjabat sejak tanggal 5 September 2018.

Sebelum itu, Ganjar adalah Gubernur Jawa Tengah periode pertama sejak 23 Agustus 2013 sampai 23 Agustus 2018 dan juga menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004 sampai 2009 dan 2009 sampai 2013.

Selain telah memberikan banyak sokongan terutama untuk kemajuan pembangunan di daerah yang dipimpinnya, Ganjar Pranowo juga dikenal sebagai gubernur yang sangat dekat dengan rakyat kecil dan mempunyai sikap santun yang menyenangkan.

Jika Anda penasaran dengan gubernur yang super keren ini, tidak ada salahnya untuk membaca ulasan singkatnya di bawah ini.

Biografi Ganjar Pranowo

Nama LengkapH. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. atau Ganjar Pranowo
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirKaranganyar, Jawa Tengah
Tanggal Lahir28 Oktober 1968
Profesi UtamaPolitikus
Prestasi
  • Anugerah Pataka Paramadhana Utama Nugraha Koperasi tahun 2013.
  • Penghargaan Kepala Daerah Inovatif untuk kategori layanan publik pada tahun 2014
  • Tokoh Media Radio dari Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia atau PRSSNI Jawa Tengah tahun 2015.
  • Salah satu programnya yaitu Gerakan Siswa Menabung mendapatkan penghargaan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.
  • Mendapat penghargaan dari BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana karena Jateng selalu aktif berpartisipasi dalam penanggulangan bencana.
  • Meraih penghargaan sebagai TPID atau Tim Pengendali Inflasi Daerah terbaik dari Presiden Joko Widodo.
  • Dan masih banyak lagi.

Biografi Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo adalah seorang politikus yang lahir dari keluarga sederhana sebagai anak kelima dari enam bersaudara.

Ayahnya dulu berprofesi sebagai polisi bernama S. Pamudji yang pernah ditugaskan untuk menumpas pemberontakan PPRI/Permesta dan ibunya Sri Suparni, lima saudaranya bernama Pri Kuntadi, Pri Pambudi Tegung (menjadi salah satu hakim agung di Indonesia), Joko Prasetyo, Prasetyowati, dan Nur Hidayati.

Sama seperti Presiden Joko Widodo, Ganjar Pranowo juga pernah berganti nama yang mana lazim terjadi pada anak zaman dahulu di tanah Mataraman.

Ganjar Pranowo sebenarnya mempunyai nama asli Ganjar Sungkowo yang berarti ganjaran dari kesedihan atau kesusahan, Ganjar berarti hadiah dari sang pencipta dan Sungkowo sendiri berarti kesusahan dan kesedihan yang mana mempunyai hubungan dengan keadaan sang ibu saat mengandung dirinya yaitu banyak dirundung kesusahan.

Namun, karena ibu dan bapaknya takut jika anaknya nanti selalu ada di lubang kesusahan dan kesialan maka dari itu saat masuk masa sekolah Ia berganti nama dari Ganjar Sungkowo menjadi Ganjar Pranowo.

Pendidikan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo menempuh pendidikan sekolah dasarnya di SD Kutoarjo kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Kutoarjo dan SMA BPOKRI 1 Yogyakarta.

Di SMA ini Ganjar aktif dalam kegiatan pramuka dan tergabung dalam Dewan Ambalan.