Daftar Novel Seri tentang Detektif

Novel atau cerita detektif merupakan subgenre dari fiksi kriminal dan fiksi misteri yang mana penyelidik atau detektif baik itu profesional, amatiran, maupun pensiunan akan meneliti kejahatan yang seringkali diceritakan adalah pembunuhan.

Apakah Anda merupakan penggemar novel detektif?

Kalau iya, yuk baca penjelasan mengenai daftar novel seri detektif yang ada di bawah ini!

Daftar Novel tentang Detektif

1. A is for Alibi karya Sue Grafton

Daftar novel seri tentang detektif pertama adalah A is for Alibi yang diterbitkan pada tahun 1982 dan merupakan karya dari Sue Grafton.

Novel ini bersetting di Santa Barbara, California dan menceritakan tentang seorang penyelidik wanita bernama Kinsey Milhone yang berusaha untuk menyelesaikan atau mengungkapkan kasus kejahatan keji.

Diceritakan terdapat pembunuh yang menggunakan racun sebagai motif kejahatannya dan racun yang dipilih adalah oleander atau bunga mentega yang dihancurkan.

Sang penulis mengutip cerita pembunuhan tersebut dari cerita mengenai mantan suaminya setelah perceraian yang tidak mulus.

2. A Study in Scarlet karya A. Conan Doyle

Novel A Study in Scarlet merupakan novel fiksi detektif yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle pada tahun 1886 dan diterbitkan pada tahun 1887.

Novel ini memperkenalkan tokoh detektif yang bernama Sherlock Holmes dan Dr Watson yang nantinya akan menjadi dua tokoh terkenal dalam dunia sastra.

3. Knots & Crosses karya Ian Rankin

Novel Knots and Crosses adalah novel kriminal yang ditulis oleh Ian Rankin dan diterbitkan pada tahun 1987.

Novel ini berlatar di Edinburgh, Skotlandia dan menceritakan tentang seorang pengedar narkoba besar bernama Michael Rebus dan saudara laki-lakinya John Rebus yang merupakan seorang polisi.

4. The Big Sleep karya Raymond Chandler

Novel The Big Sleep adalah novel karya Raymond Chandler yang terbit pada tahun 1939 dan telah diadaptasi menjadi film sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1946 dan pada tahun 1978.

Novel yang dikenal dengan cerita rumit ini berlatar di Los Angeles dan bercerita tentang seorang tokoh detektif bernama Philip Marlowe.

5. The Murder of Roger Ackroyd karya Agatha Christie

Novel The Murder of Roger Ackroyd merupakan novel fiksi detektif yang ditulis oleh Agatha Christie dan diterbitkan untuk pertama kalinya pada bulan Juni 1926.

Novel ini dianggap sebagai salah satu novel kontroversial dan terbaik yang pernah ditulis oleh Agatha Christie.

Tokoh yang diceritakan di dalamnya bernama Hercules Poirot yang merupakan seorang dokter berusia paruh baya yang hidup membujang.

Pada suatu hari Poirot ini berkenalan dengan tetangga baru bernama Roger Ackroyd yang bercerita bahwa ia baru saja mendapatkan warisan dan saat malam hari tiba Ackroyd tiba-tiba meninggal.