Daftar Quotes Indah dari Tokoh Islam

Sebagai manusia kita sering kali atau bahkan setiap hari dihadapkan oleh banyak masalah.

Dalam menghadapi masalah ini seringkali kita memerlukan adanya motivasi dan salah satu caranya adalah dengan membaca kata-kata indah atau quotes dari berbagai tokoh.

Di bawah ini adalah daftar quotes indah dari tokoh Islam, antara lain:

Daftar Quotes Islami

5. Imam Syafi’i

“Banyak orang yang telah meninggal, tetapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tetapi seakan mereka orang mati yang tak berguna.”

“Dan jiwamu, jika tidak kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebatilan.”

“Menghindarkan telinga dari mendengar hal-hal yang tidak baik merupakan suatu keharusan, sebagaimana seseorang menyucikan tutur katanya dari ungkapan buruk.”

“Jadikan akhirat di hatimu, dunia ditanganmu, dan kematian di pelupuk matamu.”

“Jika semua orang menjauh ketika engkau mendapat kesulitan, maka ketahuilah bahwa Allah SWT ingin membuatmu kuat dan Ia akan menjadi penolongmu.”

4. Ali bin Abi Thalib

“Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu karena ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam.”

“Kehidupan ini cuma dua hari. Satu hari untukmu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia untukmu, jangan bangga dan gegabah dan pada saat ia melawanmu bersabarlah karena keduanya adalah ujian bagimu.”

“Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang.”

“Janganlah kalian menikahi wanita karena kecantikannya, karena mungkin saja kecantikannya akan membinasakannya. Dan jangan pula kalian menikahi wanita karena hartanya, karena mungkin saja hartanya akan menjadikannya bersikap sewenang-wenang. Akan tetapi, nikahilah wanita itu karena agamanya.”

“Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan tiga keuntungan yaitu percayaan, cinta, dan rasa hormat.”

3. Umar Bin Khattab

“Belajarlah Alquran niscaya kamu tertuntun ke jalan yang benar, dan berbuatlah kebaikan sesuai dengan Alquran niscaya kamu menjadi ahlinya.”

“Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku.”

“Jikalau kita letih karena kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Namun jikalau kita bersenang-senang dengan dosa, maka sesungguhnya kesenangan itu akan hilang dan dosa itu akan kekal.”

“Jangan berlebihan dalam mencintai sehingga menjadi keterikatan, Jangan pula berlebihan dalam membenci sehingga membawa kebinasaan. Bersabarlah karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan.”

“Lidah akan terus berkata jujur selagi hatinya ikhlas dan luhur.”

2. Abu Bakar As Siddiq

“Barangsiapa yang memasuki kubur tanpa membawa bekal yaitu berupa amal sholeh maka keadaan yang seperti orang yang menyeberangi lautan tanpa menggunakan perahu.”