Contoh Pidato Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia

Hari Anti Korupsi Sedunia adalah kampanye global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar bersikap antikorupsi.

Hari ini diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 9 Desember.

Di bawah ini adalah dua contoh pidato mengenai Hari Anti Korupsi Sedunia.

Pidato Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia

Contoh 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama-tama saya ucapkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan untuk saya pada hari ini agar bisa menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia.

 

Hadirin yang terhormat,

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember.

Hari ini diperingati dengan tujuan untuk mendidik masyarakat mengenai korupsi yang merupakan tindakan merusak pembangunan ekonomi maupun sosial di suatu negara.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kasus korupsi yang menjerat menteri, pejabat, pengusaha, dan lain-lain.

Pada tahun 2020 saja sudah ada setidaknya 1.218 kasus korupsi yang diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan Mahkamah Agung.

Tindakan ini pastinya sudah atau akan merugikan negara maupun masyarakat.

Adapun beberapa dampaknya yaitu bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi negara, meningkatkan ketimpangan pendapatan, meningkatkan kemiskinan, dan pastinya masih banyak lagi dampak lainnya.

Bisa dikatakan tidak ada dampak positif dari tindakan ini kecuali untuk koruptor yang akan berfoya-foya membeli banyak barang mewah dan membangun rumah megah.

Oleh karena itu tindakan yang sangat tidak dibenarkan ini harus dihindari.

 

Hadirin yang terhormat,

Yuk bersama-sama maju lawan korupsi untuk selamatkan negeri kita!

Akhir kata, jika ada kesalahan dalam penyampaian kata-kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan tak lupa juga untuk mengucapkan banyak terima kasih atas segala perhatiannya.

Wabillahiwaufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Contoh 2

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua semoga senantiasa diberikan rahmat oleh Tuhan Yang Maha Esa.

 

Hadirin yang berbahagia,

Korupsi adalah fenomena politik, sosial, dan ekonomi yang dampaknya mempengaruhi seluruh negara.

Dampak dari korupsi sendiri yaitu bisa merusak institusi demokrasi, ikut serta dalam merusak kestabilan pemerintah, dan memperlambat pembangunan ekonomi.

Tindakan ini bisa menyerang fondasi lembaga demokrasi dengan cara mendistorsi proses pemilihan, pelanggaran hukum, dan menciptakan masalah birokrasi yaitu suap.

Pembangunan ekonomi juga akan terhambat karena invesasi asing tidaklah dianjurkan, sedangkan ekonomi dalam negara terasa tidak mungkin untuk mengatasi biaya anggaran awal yang telah dikorupsi.

 

Hadirin yang berbahagia,

Dikarenakan ada banyak sekali kasus korupsi yang terjadi di banyak negara pula, akhirnya pada tanggal 1 Oktober 2003 Sidang Umum menyetujui bahwa Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa melawan korupsi dan menunjuk Kantor PBB urusan Narkoba dan Kejahatan atau United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC).