Biografi Ustadz Adi Hidayat, Penceramah Cerdas Asal Banten

“Biografi Ustadz Adi Hidayat ini menjabarkan mengenai kehidupan sang penceramah cerdas yang berasal dari Banten.”

Di internet sudah ada banyak sekali video ceramah dengan berbagai topik dan penceramah.

Sebagai orang awam pun pastinya masih bingung jika dihadapkan dengan beberapa penceramah yang mengeluarkan pendapat yang berbeda pula.

Oleh karena itu, untuk memilih guru atau penceramah terpercaya menjadi hal yang cukup sulit.

Di bawah ini adalah informasi mengenai salah satu penceramah kondang Indonesia yang dikenal sangat cerdas dan sudah mempunyai banyak jamaah.

Kalau penasaran yuk cari tahu!

Biografi UAH Ustadz Adi Hidayat

Nama LengkapAdi Hidayat
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirPandeglang, Banten
Tanggal Lahir11 September 1984
Profesi UtamaPenceramah

Ustadz Adi Hidayat adalah anak dari Warso Supena dengan Rafiah Akhyar dan mempunyai 4 saudara yaitu Neng Inayatin, Ade Rahmat, Ita Haryati, dan Ima Rakhmawati.

Ia menikah dengan seorang wanita asal Lasem, Jawa Tengah bernama Shufairok atau Mbak Lir dan pernikahannya ini dikaruniai 3 orang anak.

Ustadz Adi Hidayat mampu menguasai kitab suci Al-Quran hingga letak barisnya sekalipun dan juga kitab-kitab lainnya.

Selain itu, ia juga dikenal sebagai ustadz atau penceramah yang aktif berdakwah di media sosial salah satunya adalah YouTube.

Pendidikan

Adi Hidayat menempuh pendidikan SD di SDN Karatron 3 Pandeglang hingga kelas 3 dan pindah ke SDN III Pandeglang hingga lulus.

Saat SD, Adi Hidayat juga disekolahkan di Madrasah Salafiyyah Sanusiyyah Pandeglang.

Jadi saat pagi hari ia pergi ke sekolah umum, sementara saat siang hingga sore hari ke sekolah agama.

Setelah itu, Adi Hidayat melanjutkan pendidikan SMP dan SMA atau Tsanawiyah dan Aliyah di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut.

Di pondok pesantren ini, Adi Hidayat dikenal sebagai siswa yang berprestasi dan berhasil mendapatkan banyak penghargaan bahkan saat lulus pun ia mendapatkan predikat santri teladan dalam dua bidang sekaligus yaitu agama dan umum.

Dikarenakan mempunyai prestasi yang baik menjadikan Adi Hidayat pada tahun 2003 diterima di Fakultas Dirasat Islamiyyah, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta melalui jalur PMDK atau seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berdasarkan nilai akademik dan sertifikat kejuaraan.

Pada tahun 2005,  ia mendapatkan kesempatan untuk bisa menempuh studi di Kuliyya Dakwah Islamiyyah, Tropoli, Libya.

Setelah lulus dari Libya, Adi Hidayat pun kembali ke Indonesia dan melanjutkan studi master di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung.

Perjalanan Karier

Pada akhir tahun 2009, ia menjadi amînul khutabâ atau Ketua Dewan Khatib Jami’ Dakwah Islamiyyah Tripoli yang tugasnya bisa menentukan siapa khatib dan pengisi di Masjib Dakwah Islamiyyah.

Kembali ke Indonesia pada tahun 2011, Adi Hidayat menjadi pengasuh di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Hikmah, Lebak Bulus, Banten dan pada tahun 2013, Ia mendirikan lembaga bimbingan dan kajian Islam yaitu Quantum Akhyar Institute yang ada di Bekasi, Jawa Barat.