Biografi Prabowo Subianto, Negarawan Pembela Tanah Air

Siapa yang tak kenal dengan sosok pilitikus Prabowo Subianto? Kisah hidupnya sudah sering menjadi bahan perbincangan banyak orang. Beliau sering menggunakan baju khasnya yang berwarna khaki dengan banyak kantong atau biasa disebut baju safari.

Perjalanan hidupnya mulai dari kariernya dalam dunia kemiliteran, perjuangan dalam dunia politik untuk mendapatkan posisi kepala negara, sampai kontroversi membuat Prabowo Subianto sering muncul di media.

Kisah hidup Prabowo Subianto mulai dari pendidikan, karier, prestasi, sampai kontroversi yang pernah diarahkan kepada beliau akan diulas dalam biografi kali ini.

Biografi Prabowo Subianto

Nama LengkapLetnan Jenderal (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo
KebangsaanWNI
Tempat LahirJakarta
Tanggal Lahir17 Oktober 1951
Pendidikan TerakhirAkademi Militer
Profesi UtamaMenteri Pertahanan RI
Prestasi/ Pencapaian

1. Sekilas tentang Prabowo

Prabowo yang terlahir dengan nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo merupakan seorang jenderal yang mempunyai kecerdasan di atas rata-rata. Semangat militernya dan patriotik tak pernah redup. Ia tak hanya menguasai dan mempunyai keahlian di dunia militer, ia juga sangat menguasai ilmu di dunia pergerakan, politik, maupun ekonomi.

Setelah pensiun dari tentara ia memulai usaha bisnis dan meniti karir di dunia politik. Tak hanya keberhasilan yang ia raih, menantu dari Soeharto ini banyak mendapatkan kontroversi terutama semasa Ia berkarir di dunia militer

2. Kehidupan Pribadi

Keluarga Djojohadikusumo dikabarkan merupakan keturunan Raden Tumanggun Kartanegara yang merupakan Panglima Laskar Pangeran Dipenogoro. Prabowo Subianto Djojohadikusumo merupakan anak dari Soemitro Djojohadikusumo seorang pakar ekonom dan politisi yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah dengan Dora Marie Sugar atau biasa disebut Dora Soemitro yang berasal dari Lawongan, Sulawesi Utara.

Nama Prabowo juga diambil dari pamannya yang bernama Soebianto Djojohadikusumo yang merupakan perwira Tentara Keamanan Rakyat kala itu. Dua orang kakak perempuan dan seorang adik laki-laki yang dimiliki beliau yang bernama Maryani Ekowati dan Biantiningsih Miderawati serta adiknya Hashim Djojohadikusumo.

Prabowo pernah menjalin hubungan suami istri dengan Siti Hediati Hariyadi dari tahun 1983 sampai 1998 dan menpunyai seorang anak yaitu Ragowo Didiet Hediprasetyo.

3. Riwayat Pendidikan

Prabowo memang sejak kecil sudah berpindah-pindah negara, hal ini dapat dilihat dari riwayat pendidikan yang pernah ditempuh. Beliau bersekolah di Sekolah Dasar British Elementary School, Singapura pada tahun 1958. Lalu tahun 1962 pindah ke Hongkong, dan melanjutkan sekolah dasar di Glenealy Junior School.

Setelah 2 tahun, Prabowo pindah ke Malaysia dan bersekolah di Victoria Institution. Lalu pindah ke Zurich, Swiss dan bersekolah di International School. Pada tahun 1969 Prabowo bersekolah di American School di London, United Kingdom.

Akhirnya pada tahun 1970 beliau memulai karir di dunia kemiliteran dengan mendaftar di Akademi Militer Magelang dan pada 1974 dinyatakan lulus.