Biografi Mahfud MD, Politikus Cerdas yang Agamis

Mahfud MD atau Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H, S.U tidak hanya pernah menjejaki satu lembaga pemerintahan. Namun, ketiga dari bagian lembaga pemerintahan sudah pernah dijejaki oleh beliau mulai dari lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Sepak terjangnya di bidang politik dan hukum tata negara sudah cukup luas sebagai akademisi, tokoh politik, hingga abdi negara. Kemampuannya tidak dibatasi oleh usianya yang terbilang cukup muda untuk ikut andil dalam pemerintahan dan turut serta memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Santri favorit Presiden ke-4 Indonesia, Abdurrahman Wahid ini sudah memberikan kontribusi terhadap Indonesia. Saat ini, beliau kembali ikut serta masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk mengemban tugas demi kesejahteraan rakyat.

Biografi Mahfud MD

Nama Lengkap (Beserta Gelar)Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H, S.U
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirSampang, Madura
Tanggal Lahir13 Mei 1957
Pendidikan TerakhirProgram Doktoral S3, Ilmu Hukum Tata Negara, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta
Profesi UtamaDosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia
Prestasi / Pencapaian
  • Paramadina Award, Kategori Praktisi Pemerintah Terbaik
  • Kompak’s People of The Year
  • News Maker of The Year
  • People of The Year
  • Tokoh Pembaharu
  • Tokoh Kategori Bidang Penguatan Penegakkan Hukum
  • berbagai buku seperti Konstitusi dan Hukum dalam Kontroversi Isu (Penerbit PT. Raja Grafindo Persada: 2009)
  • Politik Hukum di Indonesia (Penerbit PT. Raja Grafindo Persada: 2009)
  • Dasar-Dasar dan Struktur Ketatanegaraan Indonesia (Penerbit Rineka Cipta: 2001), Potret Akademisi dan Politisi (Penerbit UII Press: 2006)
  • Setahun Bersama Gus Dur
  • Kenangan Menjadi Menteri di Saat Sulit (Penerbit LP3ES: 2003)
  • Membangun Politik Hukum
  • Menegakkan Konstitusi (Penerbit LP3ES: 2006), dan sebagainya.

1. Sekilas Tentang Mahfud MD

Pria dengan nama lahir Mohammad Mahfud ini sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat Indonesia. Kecintaannya terhadap bidang politik dan hukum juga sangat terlihat dari perjalanan hidupnya.

Semua bagian dalam trias politica sudah pernah dijelajahinya yaitu mulai dari lembaga eksekutif sebagai menteri di Era Kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid dan lembaga legislatif sebagai Anggota DPR RI pada tahun 2004 hingga 2008. Beliau juga pernah menjadi Wakil Ketua Badan Legislatif DPR RI di tahun 2007 sampai 2008. Selain itu, beliau pernah masuk dalam lembaga yudikatif pada tahun 2008-2013 sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi RI.

Namun, tidak terus-menerus tentang bidang politik. Beliau juga menekuni ilmu agama yang dapat dilihat dari profil pendidikan juga kegiatannya yang terbilang aktif sebagai anggota pada beberapa organisasi. Organisasi yang diikuti beliau adalah Himpunan Mahasiswa Islam dan Pelajar Islam Indonesia. Beliau juga aktif berorganisasi di bidang jurnalistik.

Namanya saat ini kian tidak asing di telinga masyarakat karena tugas yang diembannya saat ini sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada masa pemerintahan pasangan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pria dengan tiga orang anak ini juga banyak memiliki penghargaan yang diberikan kepadanya.