Biografi Iwan Fals, Musisi Penyuara Suara Rakyat

Iwan Fals merupakan penyanyi legendaris tanah air yang dianggap sebagai suara hati rakyat dengan lagu–lagu yang diciptakannya. Ia telah menghipnotis seluruh penggemarnya melalui kata–kata dengan nada yang ia lahirkan. Ia juga dikenal dengan keharmonisan keluarganya dan menjadi panutan bagi keluarga lainnya. Tidak heran penyanyi legendaris ini sangat fenomenal namanya di Indonesia.

Keberanian dan kekritisannya dalam mengkritik pemerintah telah membawanya masuk ke dalam gerbang kesuksesan.

Biografi Iwan Fals

Nama LengkapVirgiawan Listanto
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirJakarta
Tanggal Lahir3 September 1961
Pendidikan TerakhirIKJ (Institur Kesenian Jakarta)
Profesi UtamaPenyanyi, Aktor
Prestasi/ PencapaianLIFETIME ACHIEVEMENT AWARDS

1. Masa Kecil Iwan Fals

Berbicara mengenai kisah tokoh musik legendaris tanah air yang memiliki nama lengkap Virgiawan Listanto atau akrab kita sebut sebagai  Iwan Fals ini memiliki kisah masa kecil yang berbeda dari yang lain. Masa kecil ia habiskan di Bandung. Ia juga pernah mengikuti saudaranya tinggal di Jeddah, Arab Saudi selama 8 tahun.

Selain pandai dalam bernyanyi, ia juga ternyata pandai dalam bidang olahraga. Terbukti saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar, Iwan menyabet juara II karate tingkat Nasional juga pernah mendapat juara IV Tingkat Nasional dalam bidang yang sama dengan sebelumnya. Capaian prestasi yang ia torehkan membuatnya masuk ke dalam jajaran pelatna dan juga sempat melatih karate tepatnya di kampus saat ia kuliah. Selain itu, ia pernah menjadi kolumnis pada beberapa tabloid olahraga.

Iwan mulai menekuni musik mulai dari umur 13 tahun. Memang kecintaanya terhadap musik sudah ia rasakan sejak kecil tetapi ia lebih mengasah bakatnya dalam bermain alat musik gitar dibanding dengan lainnya. Bakatnya dalam bermain musik serta mencipta lagu ia asah dengan mengamen di jalan tepatnya di Bandung.

Ia juga terpilih sebagai gitaris pada grup paduan suara di sekolahnya saat SMP dan ini ia jadikan kesempatan juga untuk mengasah bakatnya.

2. Keluarga

Iwan Fals merupakan seorang putra dari Lies Suudijah yang berasal dari Tasikmalya dan Kolonel Anumerta Sucipto yang berasal dari Purwokerto. Kakek Iwan adalah petinggi di pabrik Gula Kalibagor tepatnya di Jawa Tengah.

Pada tahun 1980, ia menikah dengan wanita yang bernama Rosana atau akrab dipanggil Mbak Yos. Iwan dan Rosana dikaruniai tiga orang anak yaitu alm Galang Rambu Anarki yang lahir pada 1 Januari 1982 dan wafat pada usia 15 tepatnya pada tanggal 25 April 1997, Annisa Cikal Rambu Bassae yang lahir pada tanggal 3 januari 1985, dan Raya Rambu Robbani yang lahir pada tanggal 22 januari 2003.

Anak pertamanya mengikuti jejak Iwan Fals yang bergelut di bidang musik. Namun, terdapat perbedaan pada genre yang dibawakan Galang. Galang merupakan seorang gitaris kelompok BUNGA dan menghasilkan satu album perdana dan juga berhasil dirilis sebelum ia meninggal.

Nama Galang Rambu Anarki dijadikan judul salah satu lagu Iwan. Lagu ini menceritakan kegelisahan yang dirasakan orang tua dalam menghadapi kenaikan harga sebagai akibat dari kenaikan BBM di awal 1982 yaitu tepat pada kelahiran Galang.

Meninggalnya Galang tentu membuat Sang Ayah merasa sedih dan terpuruk sehingga membuatnya vakum dalam dunia musik. Pemakaman Galang dilakukan di pekarangan rumahnya yaitu di Kampung Leuwinanggung No. 19 Tapos, Depok, Jabar.

Putri keduanya bernama Annisa juga sempat dijadikan sebagai judul salah satu judul lagunya. Namun, karena dianggap bahasa yang digunakan terlalu kritis membuat perusahaan enggan memasukannya dalam album Aku Sayang Kamu.

Kesedihan Iwan berkurang saat anak ketiganya Raya Rambu Robbani lahir. Hal ini membuat ia bangkit kembali dan memulai menggeluti dunia musik kembali. Namun, gaya musik yang dibawakan sepeninggal Galang berbeda dengan gaya musik sebelumnya. Ia terlihat lebih sopan dan bersahaja.

Namun, memang benar bahwa istilah di balik pria hebat ada wanita agung di belakangnya. Tentu saja ini tidak lepas dari dukungan Sang Istri yang terus mendorongnya agar bangkit dan tidak terus berlarut – larut dalam kesedihan.

Akhirnya, Rosana menjadi manajer pribadinya yang tergabung dalam Iwan Fals Manajemen. Seluruh kegiatan sang suami yang berhubungan dengan segala jadwal kegiatan dan kontrak diatur oleh Rosana dengan baik agar penyanyi legendaris itu lebih berkarier dan profesional.