Biografi Fiersa Besari, Musisi Muda yang Hobi Menulis

Pemuda yang telah berhasil menemukan jati diri sehingga menghantarkannya kepada penemuan dirinya dan untuk apa ia berada di dunia.

Lelaki yang hingga saat ini digandrungi kaum pemuda Indonesia melalui karya-karya serta pengalaman pencarian jati diri yang ia tuangkan dalam sebuah tulisan.

Lelaki tersebut adalah Fiersa Besari atau biasa akrab dipanggil ‘Bung’.

Biografi Fiersa Besari

Nama LengkapFiersa Besari
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirBandung
Tanggal Lahir03 Maret 1984
Pendidikan TerakhirSTBA Yapari ABA Bandung
Profesi UtamaPenulis, Pemusik
Prestasi / Pencapaian

Album yang bertajuk ‘Tempat Aku Pulang’ berhasil terjual sekitar 600 keping dari 1000 keping CD.

Album buku ‘Garis Waktu’ berhasil terjual hingga sepuluh ribu eksemplar.

Album buku ’11:11’ berhasil memperoleh penghargaan dari IKAPI sebagai Rookie of The Year dalam acara Indonesia International Book Fair (IIBF) pada tahun 2019.

Mendapatkan tawaran bersama Iwan Fals dan Once Mekel untuk berkolaborasi menyanyikan lagu ‘Ibu Pertiwi’ sebagai soundtrack film Bumi Manusia.

1. Fakta Singkat Fiersa Besari

Pria kelahiran Bandung ini telah menerbitkan buku yang sangat diminati di pasaran dari tahun 2016 hingga 2019. Buku pertama yang berjudul ‘Garis Waktu’ memiliki tulisan menarik dalam penyajian gaya sastra yang terkadang harus dibaca 1-2 kali, namun tetap mudah dimengerti dan memiliki arti yang sangat dalam bagi pembacanya.

Selain menulis buku, ia juga merupakan seorang musisi. Fiersa telah merilis 3 album yaitu 11:11, Tempat Aku Pulang, dan Konspirasi Alam Semesta. Ketiga album yang telah ia rilis juga kerap dijadikan playlist wajib yang harus ada di beberapa radio hingga acara musik.

Kegemarannya dalam menulis serta menciptakan lagu dengan gaya sastra yang indah, tak banyak orang tahu bahwa pria kelahiran Bandung ini adalah seorang pendiri komunitas pecinta buku. Komunitas yang ia dirikan diberi nama ‘Pecandu Buku’.

Komunitas ini bergerak di bidang literasi yang nantinya bertujuan untuk menyebarkan virus membaca kepada para anggotanya. Hal positif yang didapatkan oleh anggota komunitas ini selain kegemaran dalam membaca, mereka juga sering membuat ulasan buku yang telah mereka baca dan mengunggahnya ke dalam media sosial.

Hal unik lain yang melekat pada penulis ini adalah seseorang yang menggemari sesuatu berbau petualangan yang telah membawanya ke titik penemuan dalam dirinya dan dengan berpetualang ia mendapatkan banyak inspirasi untuk menulis karya-karyanya.

Fakta lain yang melekat pada Fiersa adalah ia tetap eksis di sosial media Twitter meski memiliki banyak penggemar di sosial media lain. Ia kerap membagikan pertualangannya di tempat-tempat indah di Indonesia. Cuitan yang ia keluarkan pun kerap mengundang banyak respon dari beberapa pengikut setianya karena bagi mereka sangat mewakili perasaan serta hati mereka pada saat itu.

Cuitan yang ia bagikan pada pengikut setianya mulai dari hal-hal lucu hingga kutipan puisi atau sajak indah buatannya.

Bahkan pada hari ulang tahunnya pada 3 Maret 2019, hastags #HBDFiersaBesari berhasil menduduki peringkat pertama dalam trending topic di Twitter.

Selain itu, ia juga aktif membagikan petualangannya melalui akun Youtube dalam bentuk video dengan jumlah subscriber mencapai 1,36 juta. Di dalam channel Youtube-nya, ia kerap membagikan kesukaannya dalam bidang fotografi dan tips menulis buku.