Biografi Chairil Anwar, Si Binatang Jalang

Chairil Anwar merupakan penyair dengan karyanya yang sangat terkenal yaitu puisi “Aku”. Puisi tersebut membuatnya juga dikenal sebagai “Si Binatang Jalang”. Ia merupakan seorang penyair legendaris di Indonesia. Bagi penikmat syair dan puisi di Indonesia, karya Chairil Anwar akan selalu abadi.

Biografi Chairil Anwar

Nama Lengkap Chairil Anwar
Kebangsaan Indonesia
Tempat Lahir Medan
Tanggal Lahir 26 Juli 1922
Pendidikan Terakhir Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO)
Profesi Utama Penyair
Prestasi / Pencapaian

Pelopor angkatan ’45 dan pelopor puisi modern Indonesia oleh H.B Jassin, Dewan Kesenian Bekasi Award 2007 kategori seniman sastra

1. Kehidupan Pribadi Chairil Anwar

Chairil Anwar adalah seorang laki-laki kelahiran Medan, Sumatera Utara yang terkenal di dunia sastra setelah karyanya yang berjudul “Nisan” dimuat dalam majalah terbitan tahun 1942. Pada saat usianya masih 20 tahun.

Ia lahir pada tanggal 26 Juli 1922 dan merupakan anak tunggal dari pasangan suami istri Toelos dan Saleha. Kedua orang tuanya berasal dari Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Lima Puluh Kota. Ayahnya berasal dari daerah Baruah sedangkan ibunya dari daerah Situjuh. Ayahnya bekerja sebagai bupati di Kabupaten Inderagiri, Provinsi Riau.

Keluarga Chairil Anwar memiliki hubungan pertalian keluarga dengan Perdana Menteri Pertama Indonesia, yaitu Sutan Sjahrir. Ia dibesarkan di Medan selama 19 tahun sebelum dirinya pindah ke Batavia bersama dengan ibunya. Ia tidak dimanjakan oleh kedua orang tuanya walaupun ia merupakan anak tunggal. Oleh karena itu, Chairil Anwar memiliki sifat tidak ingin kehilangan dan keras kepala.

KLIK DI SINI UNTUK TERUS MEMBACA