Bahasa Asing yang Sering Diajarkan di Sekolah

Bahasa asing adalah bahasa yang tidak biasa atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali untuk berkomunikasi oleh penduduk suatu wilayah tertentu.

Misalnya seperti bahasa Korea adalah bahasa asing bagi masyarakat Indonesia, begitu pun sebaliknya bahasa Indonesia adalah bahasa asing bagi masyarakat Korea.

Oleh karena tidak biasa digunakan, menjadikan bahasa asing perlu untuk dipelajari.

Dengan mempelajari bahasa asing, seseorang bisa mendapatkan berbagai benefit seperti bisa dengan mudah berkuliah di luar negeri, bekerja di luar negeri, bisa mendapatkan relasi dari negara yang berbeda, dan masih banyak lagi.

Untuk mempelajari bahasa asing, seseorang bisa melakukannya dengan otodidak karena sudah ada banyak sekali platform yang menyediakan fasilitasnya atau juga bisa dengan cara bersekolah.

Adapun beberapa bahasa asing yang sering diajarkan di sekolah, antara lain.

1. Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris
Belajar bahasa Inggris

Di Indonesia bahasa Inggris sudah menjadi mata pelajaran yang wajib untuk diajarkan di sekolah-sekolah karena saat ini bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang berguna untuk menyatukan setiap negara.

Kenapa yang menjadi bahasa internasional itu bahasa Inggris?

Kenapa bukan bahasa Arab atau bahkan bahasa Indonesia?

Jawabannya adalah karena pada zaman dahulu, Bangsa Inggris berhasil menjajah banyak sekali negara yaitu sampai 90 negara.

Hal tersebut menjadikan bahasa Inggris menyebar lebih cepat dan luas sehingga beberapa negara jajahannya menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa ibu negara mereka.

Salah satu keuntungan mempelajari bahasa ini adalah bisa berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara.

2. Bahasa Mandarin

Belajar bahasa Mandarin
Belajar bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia bahkan menjadi bahasa dengan penutur terbanyak yaitu sekitar 935 juta.

Di seluruh dunia termasuk Indonesia, bahasa Mandarin termasuk bahasa yang banyak diajarkan kepada anak sejak dini.

Ada banyak lembaga pendidikan bahasa yang memfasilitasi seseorang untuk belajar bahasa Mandarin, bahkan bahasa ini juga termasuk bahasa yang diajarkan di sekolah-sekolah Indonesia.

Mempelajari bahasa Mandarin bisa dikatakan sebagai investasi masa depan karena Negeri Tirai Bambu diperkirakan menjadi pusat kegiatan ekonomi dunia pada masa yang akan datang.

3. Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang
Belajar bahasa Jepang

Tidak hanya terkenal dengan budaya disiplinnya saja, tetapi bahasanya juga cukup terkenal dan banyak diminati untuk dipelajari.

Selain itu, Jepang juga terkenal sebagai negara yang sangat berpengaruh dalam bidang perekonomian, perdagangan, dan teknologi.

Sehingga kemampuan bahasa Jepang akan sangat penting dan dibutuhkan untuk mencoba pengalaman luar biasa seperti bekerja atau belajar di sana.

Tidak hanya itu, Jepang juga terkenal dengan anime atau manga yang juga sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Dengan mempelajari bahasa Jepang bisa saja seseorang bisa dengan mudah update dan mengerti apa yang dimaksud dalam serial manga tersebut tanpa menunggu subtitle atau terjemahan.

 

Salah satu hal yang bisa disimpulkan dari penjelasan di atas adalah terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika mempelajari bahasa asing.

Selain agar bisa belajar, bekerja, dan mendapatkan relasi dari luar negeri, dengan belajar bahasa asing seseorang juga bisa memperluas cara pandang, meningkatkan memori otak, mempertajam logika, dan masih banyak hal positif lainnya.

Sekian sedikit informasi mengenai bahasa asing apa saja yang sering diajarkan di sekolah.

Terus semangat untuk belajar hal baru karena belajar itu susah di awal, tetapi manis di akhir.