5+ Buku Terbaik untuk Belajar EYD

“Agar bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa dasar-dasarnya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mempelajari EYD”.

Di dalam bahasa Indonesia, ada KBBI yang akan membantu Anda menjelaskan arti dari suatu kata atau istilah.

Selain itu, ada juga EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) yang menjadi pondasi atau dasar dari bahasa Indonesia.

Jadi, jika ingin berbahasa dengan benar maka pelajarilah EYD ini dan untuk melakukan hal tersebut pasti dibutuhkan panduan atau pedoman.

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai 5+ buku untuk belajar EYD terbaik yang pastinya akan sangat membantu Anda.

Jika ingin tahu apa saja bukunya, cek informasi ini hingga selesai ya!

Buku Panduan untuk Belajar Ejaan yang Disempurnakan EYD

1. PUEBI

PUEBI adalah singkatan dari Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Buku ini menjadi yang paling umum dan digunakan oleh banyak orang untuk belajar bahasa Indonesia khususnya EYD.

PUEBI sendiri mengambil peran penting untuk membantu seseorang dalam menerapkan keterampilan berbahasa seperti membaca, menulis, berbicara, dan menyimak.

Namun akan lebih sesuai jika digunakan untuk panduan tulis-menulis.

PUEBI sendiri diterbitkan oleh Badan Pengembangan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016.

2. Kesalahan Berbahasa Penggunaan EYD

Buku berjudul Kesalahan Berbahasa Penggunaan EYD Panduan Lengkap Berbahasa yang Baik dan Benar ini ditulis oleh Gantamitreka & Skokha.

Buku ini terbit pada tahun 2016 dan di dalamnya terdapat banyak bahasan termasuk untuk belajar EYD beserta sejarahnya.

Tidak hanya itu saja tetapi ada juga untuk mengenal bahasa Indonesia, pedoman umum pembentukan istilah, panduan pembakuan istilah komputer, kesalahan berbahasa, praktik dalam kehidupan sehari-hari, analisis kesalahan berbahasa, dan sekapur sirih penyuntingan naskah.

3. Buku Induk EYD

Rekomendasi selanjutnya adalah buku berjudul Buku Induk EYD Ejaan Yang Disempurnakan dan ditulis oleh Sri Wintala Achmad.

Buku ini di dalamnya banyak membahas materi EYD seperti pengertian dan sejarah perkembangan EYD, peran EYD bagi penulis, redaktur, dan editor.

Selain itu ada juga bahasan mengenai pemakaian huruf, pemakaian huruf kapital dan miring, penulisan kata, penulisan unsur serapan, kosakata yang sering salah ditulis, pemakaian tanda baca, teknik menyunting naskah berdasarkan EYD.

4. Kitab EYD

Adapun buku berjudul Kitab EYD yang dikarang oleh Eko Sugiarto dan diterbitkan pada tahun 2014.

Buku ini berisi banyak penjelasan mengenai EYD seperti pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, penulisan unsur serapan, pedoman umum pembentukan istilah, aspek tata bahasa peristilahan, dan aspek semantik peristilahan.

5. Panduan Wajib EYD

Selanjutnya adalah Panduan Wajib EYD Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan.

Buku yang ditulis oleh Fitri Rahmawati S.Pd ini terbit pada tahun 2015 dan dibuat sebagai panduan berbahasa Indonesia yang baik dan benar berdasarkan PERMENDIKNAS RI NO. 46 TAHUN 2009.

Isi dari buku ini adalah penjelasan mengenai pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan.

Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan panduan pembentukan istilah, aspek tata bahasa peristilahan, dan aspek semantik peristilahan.

6. Panduan Lengkap EYD

Rekomendasi yang terakhir adalah buku berjudul panduan lengkap EYD Ejaan Yang Disempurnakan Dengan Pedoman Pembentukan Istilah.

Buku ini ditulis oleh Suparlan dan diterbitkan pada tahun 2014.

Di dalamnya terdapat beberapa topik atau bahasan seperti pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, penulisan unsur serapan, bahasa Indonesia, kongres bahasa Indonesia, perbedaan bahasa Malaysia dengan bahasa Indonesia, bahasa asing di Indonesia, dan tata bahasa.

 

Jadi di antara 5+ Buku Terbaik untuk Belajar EYD yang sudah dijelaskan, Anda memutuskan untuk memilih buku yang mana nih?