Pengertian dan Jenis-Jenis Sudut Pandang Cerita, Yuk Cari Tahu!

“Sudut pandang adalah salah satu unsur yang menyatakan pandangan seorang pengarang dalam menempatkan diri dan menyampaikan sebuah cerita.”

Ketika belajar bahasa Indonesia khususnya materi cerita, pasti Anda akan bertemu dengan salah satu anggota dari unsur intrinsik yang bernama sudut pandang.

Perlu diketahui bahwa materi sudut pandang sangatlah penting untuk dipelajari karena itu nantinya akan membantu seorang penulis atau pengarang dalam membangun dan mengolah rasa sebuah cerita.

Oleh karena itu, yuk pelajari materi sudut pandang dengan cara membaca penjelasan di bawah ini hingga akhir!

Sudut Pandang Cerita

1. Pengertian Sudut Pandang

Pada umumnya, pengertian sudut pandang adalah pandangan seorang penulis atau pengarang dalam menempatkan diri dan menyampaikan sebuah cerita sehingga bisa terasa lebih hidup serta tersampaikan dengan baik.

Bagian sudut pandang ini perlu diperhitungkan dengan baik oleh penulis agar bisa memengaruhi pembaca atau pendengar.

Sedangkan menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian sudut pandang adalah cakupan sudut bidik lensa terhadap gambar.

Adapun beberapa pengertian sudut pandang menurut beberapa ahli, antara lain:

a. Abrams (1981)

Abrams berpendapat bahwa sudut pandang atau point of view adalah cara dalam sebuah cerita yang dikisahkan.

Teknik sudut pandang ini digunakan oleh penulis atau pengarang sebagai sarana untuk menyuguhkan cerita dalam sebuah karya kepada pembaca.

b. Atar Semi (1988)

Pengertian sudut pandang menurut Atar Semi adalah penempatan dan posisi penulis atau pengarang dalam ceritanya.

c. Sardjono (1992)

Sardjono mengungkapkan pengertian sudut pandang adalah tanda atau cara dalam menyampaikan sebuah cerita dengan baik yang mana sudut pandang tersebut ditetapkan oleh seorang penulis kepada pembaca berupa karakter, latar, tindakan, dan peristiwa.

KLIK DI SINI UNTUK TERUS MEMBACA