Biografi Ir Soekarno, Presiden Pertama Indonesia

Jepang pun kemudian memanfaatkan Soekarno dan membahas masalah kemerdekaan bersama tokoh lain untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Setelah itu pada tahun 1945, Soekarno merumuskan UUD 1945, Pancasila, dasar pemerintahan, dan naskah proklamasi.

Pada tanggal 15 Agustus 1945, Indonesia mendapat kabar bahagia bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu sehingga terjadilah kekosongan kekuasaan.

Pada tanggal 16 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta diculik oleh para pemuda PETA ke Rengasdengklok untuk berdiskusi mengenai kemerdekaan Indonesia.

Satu hari setelahnya yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945, akhirnya Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan pada tanggal 18 Agustus Soekarno terpilih secara aklamasi untuk menjadi Presiden Indonesia yang pertama.

 

Itu dia informasi mengenai biografi Ir Soekarno yang semoga saja bisa dijadikan sebagai pembelajaran atau inspirasi bagi rakyat Indonesia agar terus menjaga nama baik Indonesia.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan terus kunjungi website Forester Act untuk mendapatkan banyak biografi inspiratif lainnya!

 

Referensi:

Akupaham.com. 2021. Biografi Soekarno, Sang Proklamator yang Ditakuti oleh Amerika. [Internet]. Terdapat pada: https://www.akupaham.com/biografi-soekarno/