Resensi: Pengertian, Contoh, Struktur, Tujuan, dan Unsur-Unsur

5.5 Penutup Resensi

Bagian penutup ini berisi mengenai sasaran dan alasan suatu karya atau buku tersebut ditulis.

Selain itu, bagian ini juga memaparkan kelayakan suatu karya atau buku untuk dibaca, kesimpulan hasil penilaian, serta rekomendasi penulis resensi.

6. Jenis-Jenis Resensi

Klasifikasi karya prosa baru ini dibedakan menjadi beberapa bentuk. Berikut adalah penjelasannya.

6.1 Klasifikasi Secara Umum

Resensi dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain resensi deskriptif, informatif, dan kritis.

  1. Resensi deskriptif adalah jenis ulasan yang berisi pembahasan secara rinci pada setiap bagian buku yang dibuat ulasan.
  2. Resensi informatif adalah jenis ulasan singkat yang hanya menginformasikan secara umum tentang isi buku yang dibuat ulasan.
  3. Sedangkan, resensi kritis adalah ulasan yang bersifat objektif dan kritis serta berisi ulasan terkait metodologi ilmu pengetahuan tertentu yang dibahas secara rinci.

6.2 Berdasarkan Isi yang Disajikan

Selain tiga jenis ulasan di atas, dalam beberapa sumber juga dipaparkan bahwa jenis-jenis ulasan dibagi lagi berdasarkan isi yang disajikan di dalamnya.

Berdasarkan isinya, resensi dibagi menjadi resensi informatif, evaluatif, dan informatif-evaluatif.

  1. Resensi informatif merupakan jenis ulasan yang berisi hal-hal penting tentang intisari suatu buku.
  2. Resensi evaluatif merupakan jenis ulasan yang menyajikan penilaian pembuat ulasan terhadap isi buku. Resensi evaluatif umumnya hanya berisi paparan singkat pembuat ulasan terkait penilaian yang disampaikan dan hanya berupa ilustrasi atau penjelasan sekilas.
  3. Sedangkan, resensi informatif-evaluatif merupakan perpaduan antara resensi informatif dan resensi evaluatif. Ulasan jenis informatif-evaluatif menyajikan intisari buku dan juga memaparkan penilaian penulis resensi terhadap buku. Resensi informatif-evaluatif ini seringkali disebut sebagai jenis ulasan yang ideal karena memuat dua konten penting yaitu informasi isi buku dan penilaian, sehingga pembaca resensi jenis ini dapat mengetahui gambaran isi buku juga mengetahui kualitas buku, layak atau tidak untuk dibaca.

6.3 Klasifikasi Lainnya

Sumber lain juga menyebutkan tiga jenis ulasan yang lain, yaitu resensi deskriptif, deskriptif-evaluatif, dan deskriptif-komparatif.

6.3.1 Deskriptif

Resensi deskriptif merupakan jenis ulasan yang isinya memaparkan karya seseorang secara menyeluruh, baik dari isinya, gaya penulisannya, maupun pengarang atau penulisnya.

Resensi deskriptif ini tidak berisi penilaian pembuat ulasan terkait baik atau tidaknya karya tersebut.

Ulasan ini hanya memberikan pembahasan singkat tentang isi karya tersebut, proses karya tersebut diciptakan, serta siapa pencipta karya tersebut.

6.3.2 Deskriptif-Evaluatif

Resensi deskriptif-evaluatif merupakan jenis ulasan yang bukan hanya memaparkan isi karya secara menyeluruh tetapi juga memaparkan hasil penilaian pembuat ulasan terhadap karya tersebut.

Penilaian dilakukan secara kritis dan argumentatif.

Pada bagian akhir resensi deskriptif-evaluatif terdapat kesimpulan yang menyatakan baik atau tidaknya kualitas karya yang dibuat ulasan.

6.3.3 Deskriptif-Komparatif

Resensi deskriptif-komparatif merupakan jenis ulasan yang memaparkan hasil penilaian penulis ulasan terhadap suatu karya dengan membandingkannya dengan karya yang lain yang memiliki kesamaan, baik kesamaan topik atau kesamaan materi yang disampaikan.

Resensi deskriptif-komparatif ini merupakan jenis ulasan yang sulit dilakukan karena penulis ulasan tidak hanya dituntut untuk memahami karya yang ia resensikan saja, tetapi juga harus mampu memahami karya-karya lain yang dijadikan sebagai pembanding.

Menulis resensi deskriptif-komparatif tergolong rumit karena membutuhkan kemampuan analisis secara mendalam dan kritis.

Oleh karena itu, penulis ulasan harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas agar lebih mudah memahami isi buku atau karya yang diulas, sehingga ulasan yang ditulis memiliki kualitas yang baik dan mudah dipahami pembaca.