Kutipan: Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh, dan Cara Menulis

… (Z 2009, 2010).

Jika penulis hendak mengutip dua atau lebih sumber acuan dari penulis sumber acuan yang sama pada tahun yang sama, maka setelah tahun terbit sumber acuan ditambahkan huruf ‘a’ untuk yang pertama, ‘b’ untuk yang kedua, dan seterusnya. Pemberian huruf ‘a’, ‘b’, dan seterusnya diurutkan berdasarkan kronologis waktu publikasi atau dapat diurutkan dari nomor halaman terbit. Pemberian huruf ‘a’, ‘b’, dan seterusnya juga dapat berguna untuk memudahkan pembaca dalam menelusuri sumber acuan pada daftar pustaka.

                … (Z 2008a, 2008b) atau Z (2008a, 2008b) …

Penulisan sumber acuan yang ditulis oleh dua orang penulis dapat diacu dengan cara memberikan kata hubung ‘dan’ untuk teks dalam bahasa Indonesia, sedangkan untuk bahasa Inggris dapat menggunakan kata hubung ‘and’ sesuai dengan bahasa karya tulis ilmiah yang sedang dikerjakan.

                … (Z dan V 2010) atau Z dan V (2010) …

…. (Z and V 2010) atau Z atau V (2010) …

Jika sumber acuan ditulis oleh lebih dari tiga orang penulis, maka pengutip cukup mencantumkan nama keluarga atau nama terakhir pada penulis pertama diikuti kata ‘et al.’ setelahnya dan tahun terbit sumber acuan yang digunakan.

                … (Z et al. 2011) atau Z et al. (2011) …

 

Sekian penjelasan mengenai pengutipan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Referensi lain dapat dilihat pada halaman Wikipedia.