Contoh Teks Pidato Memperingati Hari Kemerdekaan

Yuk simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui beberapa contoh teks pidato memperingati Hari Kemerdekaan!

Apa Itu Pidato?

Pidato merupakan kegiatan menyampaikan pendapat atau pesan di depan banyak orang.

Kegiatan ini mempunyai susunan tersendiri seperti pendahuluan yang berisi salam dan ucapan puji syukur, isi pidato, serta penutup pidato yang berisi salam penutup.

Adapun beberapa sifat dan metode pidato yaitu pidato pembukaan yang biasanya dibawakan pembawa acara, pidato pengarahan yang bertujuan untuk mengarahkan acara, pidato sambutan, pidato peresmian untuk meresmikan sesuatu, pidato laporan untuk melaporkan tugas atau kegiatan, dan pidato pertanggungjawaban yang berisi laporan pertanggungjawaban.

Ada juga beberapa macam dan praktik dalam pidato yaitu pidato orasi, pidato wisuda, pidato keagamaaan, pidato kenegaraan, pidato singkat, dan pidato kepemimpinan.

Di bawah ini adalah contoh dari pidato untuk memperingati Hari Kemerdekaan:

Contoh Pidato Kemerdekaan Indonesia

Contoh Teks Pidato

Berikut ini adalah contoh teks pidato memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu:

Contoh 1

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Para hadirin yang berbahagia.

Pada kesempatan kali ini mari kita semua mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas beribu nikmat-Nya lah kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat.

Sungguh di hari yang bersejarah ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada penyelenggara acara dan para hadirin karena telah bersedia memberikan waktu untuk saya menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Tepat hari ini yaitu tanggal 17 Agustus kita semua sebagai masyarakat Indonesia sedang merayakan atau memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Saya tidaklah mungkin berdiri di hadapan Anda semua tanpa adanya perjuangan dari para pahlawan yang rela berkorban waktu, tenaga, pikiran, bahkan nyawa sekalipun.

Para hadirin yang berbahagia,

Belajar dan terus melestarikan budaya bangsa Indonesia merupakan sedikit bentuk dari penghormatan untuk para pahlawan.

Jika kita tidak melaksanakannya dengan baik maka perjuangan para pahlawan akan terbuang sia-sia.

Oleh karena itu, mari kita rayakan hari kemerdekaan dengan tetap menggebukan semangat para pahlawan bangsa dan jangan sampai kita menjadi penjajah modern yang akan menghancurkan negaranya sendiri.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, mohon dimaafkan jika ada salah kata dan ucapan yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian.

Contoh 2

Bismillahirahmaanirrahiim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Para hadirin yang berbahagia dan saya hormati,

Pada kesempatan kali ini mari kita ucapkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas segala karunia dan rahmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam juga akan selalu tercurahkan kepada nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW.

Tidak lupa juga saya mengucapkan banyak terima kasih kepada penyelenggara acara karena telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam acara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 ini.

Hadirin yang saya hormati.

Setiap tanggal 17 Agustus negeri kita selalu berpesta ria untuk memeriahkan Hari Kemerdekaannya.

Pada tanggal itu pula kita semua juga mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah gugur dalam usaha memerdekakan Indonesia tercinta.

Seperti yang diketahui bahwa untuk meraih kemerdekaan sendiri bukanlah hal yang mudah.

Ada banyak sekali hal yang harus diperjuangkan.

Selama beribu-ribu tahun negeri kita dijajah, diinjak, dan dirampas kesejahteraannya oleh para penjajah yang sangat kejam.

Sudah terjadi banyak pertempuran yang pastinya menghabiskan berliter-liter darah dari para pahlawan kita.

Namun perjuangan itu tidaklah sia-sia.

Mereka akhirnya berhasil merebut kembali negeri tercinta ini.

Jalan Pegangsaan Timur menjadi saksi bisu diproklamasikannya kemerdekaan, dikibarkannya bendera merah putih, dan dinyanyikannya lagi kebangsaan Indonesia Raya.

Para hadirin yang saya hormati,

Setelah mendengar sedikit kisah kerja keras serta kegigihan para pahlawan untuk memerdekakan Indonesia, sudah semestinya kita sebagai generasi penerus bangsa perlu mengisi hari kemerdekaan dengan berbagai hal positif dan bersifat Nasionalisme.

Sehingga tidak hanya untuk mengenang jasa pahlawan tetapi juga bisa ikut serta dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Para hadirin yang saya hormati,

Sekian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

Semoga apa yang telah saya sampaikan bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal hingga akhir.

Semoga bisa membantu dan menjadi referensi untuk Anda yang akan berpidato saat memperingati Hari Kemerdekaan.