Contoh Pidato Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Paham-paham inilah yang akhirnya mendorong rakyat Asia dan Afrika untuk bisa membangun diri dalam kesadaran berbangsa dan bernegara.

Di Indonesia sendiri kebangkitan nasional diawali dengan berdirinya organisasi pergerakan yaitu Budi Utomo.

Organisasi ini sengaja dibentuk dengan tujuan untuk mengusahakan perbaikan pengajaran dan pendidikan, tetapi seiring berjalannya waktu merambah ke bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan.

Organisasi Budi Utomo pun akhirnya mempunyai cita-cita yang sama dengan semua rakyat Indonesia yaitu ingin merdeka dari penjajah dan membangun bangsa yang mandiri.

Ada banyak sekali perjuangan yang sudah mereka dedikasikan untuk memerdekakan negeri tercinta, oleh karena itu tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo hingga saat ini dijadikan sebagai Hari Peringatan Kebangkitan Nasional Indonesia.

Para hadirin yang saya hormati,

Ir Soekarno pernah berkata bahwa “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri.”

Sudah semestinya kita sebagai generasi pemuda penerus bangsa harus memikirkan perkataan tersebut.

Bagaimana tidak, saat ini ada banyak sekali permasalahan dari dalam negeri yang nantinya juga bia menghancurkan negeri ini.

Misalnya saja seperti penggorengan informasi oleh oknum tidak bertanggung jawab dan penyebaran informasi palsu yang nantinya akan diterima masyarakat tanpa adanya penyaringan.

Oleh karena itu, marilah kita meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa agar Indonesia tetap bisa berdiri kokoh dan mandiri.

Demikian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada salah kata atau informasi dan terima kasih banyak atas perhatiannya.

Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Itu dia ulasan mengenai mengenai contoh pidato untuk memperingati hari kebangkitan nasional.

Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang baik untuk Anda.

Terima kasih sudah membaca ulasan ini dari awal hingga akhir dan sampai bertemu lagi di artikel informatif lainnya!