Contoh Pidato Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Setiap tanggal 20 Mei, Indonesia selalu memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang merupakan hari di mana organisasi Budi Utomo didirikan yaitu pada tahun 1908 silam.

Berikut ini adalah beberapa contoh pidato singkat dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional, yaitu:

Pidato Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Contoh 1

Selamat pagi, salam kebangkitan dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati Kepala SMAN 1 Purwakarta,

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru SMAN 1 Purwakarta,

Dan para hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul dalam suasana berbahagia dan Indonesia masih bersatu teguh dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Seperti yang kita ketahui bahwa tanggal 20 Mei adalah salah satu tanggal yang cukup istimewa bagi masyarakat Indonesia, di mana kita semua memperingati hari kebangkitan nasional, hari di mana tumbuhlah semangat juang bagi bangsa kita untuk menjadi bangsa yang mandiri dan terbebas dari belenggu negara lain.

Para hadirin yang berbahagia,

Pada tanggal 20 Mei 1908 lalu, berdirilah organisasi kaum terpelajar yaitu Budi Utomo.

Organisasi yang didirikan oleh Dr Sutomo ini disebut-sebut sebagai organisasi modern pertama dan menjadi pelopor organisasi kebangsaan lain di Indonesia.

Ada banyak sekali kerugian yang disebabkan oleh penjajah, misalnya pendidikan menjadi terpuruk, sumber daya alam dirampas, dan dihilangkannya kesadaran nasionalisme.

Ketiga hal tersebut menjadikan munculnya kesadaran nasional dan organisasi Budi Utomo-lah yang menjadi cikal bakal gerakan untuk memerdekakan Indonesia dan membangkitkan semangat kesatuan, persatuan, dan nasionalisme bangsa Indonesia.

Semangat juang para pahlawan bangsa yang sangat tinggi menjadikan kita semua saat ini bisa merasakan nikmatnya merdeka dan menjalani kehidupan yang layak.

Namun, masih ada pula banyak permasalahan yang terjadi di Indonesia dan itu menjadi tanggung jawab kita bersama.

Para hadirin yang berbahagia,

Sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada salah kata atau ada perkataan yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian dan terima kasih banyak atas perhatiannya.

Contoh 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Para hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan rahmat-Nya sehingga Indonesia tetap satu dalam perbedaan dan mampu berdiri di antara banyaknya konflik.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sepatah dua patah kata untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Para hadirin yang saya hormati,

Kebangkitan nasionalisme Indonesia tidak terlepas dari kebangkitan nasionalisme di Asia dan Afrika.

Munculnya kesadaran kebangsaan di kawasan tersebut pada masa lalu tidak terlepas dari pengaruh paham baru yaitu liberalisme, demokrasi, nasionalisme, sosialisme, dan pan-Islamisme.