Biografi Joko Anwar, Sutradara Keren Serba Bisa

6. Penghargaan yang Diraih Joko Anwar

Gayanya dan kemampuannya dalam menulis atau menjadi sutradara serta produser film yang unik membuahkan kesuksesan dalam setiap karyanya. Tidak heran jika penghargaan yang diraihnya juga terbilang banyak. Ia dinobatkan sebagai Penulisan Skenario Film Indonesia Terbaik pada penghargaan Apresiasi KuFI 2010.

Ia juga telah menyandang Sutradara Terbaik di tahun 2005 pada penghargaan Piala Citra. Film yang mengantarkannya menuju apresiasi tersebut adalah Janji Joni. Tahun sebelumnya yaitu 2004 juga mendapatkan Skenario Terpuji pada film Arisan! melalui Penghargaan Festival Film Bandung.

Sutradara terbaik juga kembali disandangnya pada tahun 2015. Di ajang penghargaan Piala Citra, dia mendapatkan gelar Sutradara Terbaik melalui film A Copy of Mind. Lalu juga pada Piala Maya 2017 sebagai Penyutradaraan Terpilih melalui film Pengabdi Setan.

Tidak hanya penghargaan dalam negeri tetapi hingga internasional juga diraihnya. Salah satunya adalah Modus Anomali. Skenario dari film ini mengantarkan untuk meraih penghargaan Bucheon Award dalam ajang penghargaan Network of Asian Fantastic Film. Masih banyak segudang prestasi lainnya yang ditorehkan Joko Anwar untuk dunia perfilman Indonesia.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan semakin meningkatkan minat pembaca untuk lebih bangga dan menghargai film karya anak bangsa.

 

Editor:

Mega Dinda Larasati