Biografi Joko Anwar, Sutradara Keren Serba Bisa

5. Karya Joko Anwar

Karya yang dihasilkan Joko Anwar juga terbilang banyak, salah satunya Kala yang dirilis pada tahun 2007. Film ini meleburkan masa depan dengan masa sejarah dan rasa kemanusiaan yang rendah antar sesama manusia. Selain itu, film ini juga menunjukkan akibat yang akan terjadi atau dirasakan apabila tetap bungkam terhadap ketidakadilan yang dilihat oleh mata sendiri.

Sebelumnya ada pula Janji Joni pada tahun 2005. Film ini adalah film drama komedi yang menceritakan tentang kehidupan Joni yang diperankan Nicholas Saputra sebagai tukang antar roll film dengan segala masalah yang meliputi dirinya. Kemudian dia bertemu dengan seorang gadis dan film ini memiliki akhir kisah yang menyenangkan dengan bersamanya Joni dengan gadis pujaan.

Film lainnya ialah A Copy of Mind yang cukup banyak digandrungi masyarakat pecinta film. Film ini dirilis pada tahun 2015 yang mengangkat isu politik di dalamnya serta memperlihatkan kehidupan masyarakat Indonesia.Salah satunya adalah melalui peran Tara Basro sebagai Sari yang menunjukkan sifat masyarakat yang tidak akan tinggal diam jika diperlakukan semena-mena dan sebaliknya.

Stip dan Pensil juga ditulis olehnya dan rilis pada tahun 2017. Film bergenre komedi ini diperankan oleh Ernest Prakasa dan Tatjana Saphira yang mengundang humor bagi para penontonnya. Film ini mengisahkan tentang 4 anak remaja yang duduk di bangku SMA untuk melakukan pengamatan tentang anak jalanan.

Potret realistis yang diberikan seperti keadaan tempat tinggal yang kumuh, pengggusuran, serta rendahnya pendidikan yang dirasakan oleh masyarakat kalangan bawah kaya akan pesan positif bagi para penonton film ini.

Pengabdi Setan juga disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar rilis pada tahun 2017. Film ini menceritakan keluarga yang mengalami teror setan sebagai akibat keikutsertaan Ibu yang diperankan Ayu Laksmi dalam sekte persekutuan sesat. Tanggapan positif bermunculan terhadap film ini.

Film genre komedi lainnya yang dihasilkan adalah Orang Kaya Baru yang rilis tahun 2019. Film ini dibintangi oleh Raline Shah, Lukman Sardi, Derby Romero,dan Refal Hady. Kisahnya adalah tentang kehidupan keluarga yang sederhana tetapi tetap kompak sampai suatu hari terungkap bahwa sang ayah memiliki harta warisan yang banyak dan mengubah kehidupan mereka selanjutnya. Film ini terinspirasi oleh masa kecilnya yang sempat membayangkan bahwa hidupnya saat itu hanya pura-pura dan sebenarnya dia adalah orang kaya.

Film bertajuk pahlawan super juga dibuatnya yaitu Gundala yang rilis di tahun 2019. Sebagai sutradara dan penulis film ini, Joko Anwar juga menggandeng Abimana Aryasatya sebagai karakter utama film ini. Pahlawan dalam film ini merupakan lambang perlawanan terhadap ketidakadilan yang terjadi di masyarakat.

Tahun 2019, Joko kembali melahirkan sebuah karya film thriller yang disutradarai dan ditulis olehnya yaitu Perempuan Tanah Jahanam. Kisahnya adalah menceritakan Maya yang diperankan Tara Basro untuk berburu harta warisan keluarganya. Film ini mencapai angka 1,5 juta penonton.

Pada tahun yang sama juga mengeluarkan film horor lainnya berjudul Ratu Ilmu Hitam.