Biografi Darwis Triadi, Sang Fotografer Idealis

5. Karya Darwis Triadi

Setiap fotografer pasti memiliki ciri khas tersendiri untuk menonjolkan karyanya, termasuk Darwis Triadi. Ia memiliki ciri khas yaitu human interest dan landscape. Darwis Triadi lebih fokus memotret orang, khususnya model perempuan. Ia sangat totalitas terhadap apa yang ia kerjakan. Contohnya ia bahkan sampai belajar mengenai human sexology sampai anatomi. Dia mempelajari hal tersebut agar lebih memahami perempuan. Alasan ia melakukan hal tersebut adalah supaya dapat menangkan ekspresi wajah dan tubuh dengan lebih baik.

Nokia, Mustika Ratu, Sony Music, Indofood dan Unilever merupakan beberapa produk iklan yang menunjuk Darwis Triadi sebagai fotografernya. Karya-karya lain yang dihasilkan oleh Darwis Triadi sudah sangat banyak. Ia sudah sering terlibat dalam pameran-pameran yang diadakan di Indonesia maupun di mancanegara. Salah satunya yaitu pameran Fuji Film “Wajah Indonesia” serta workshop yang diadakan di Jerman yang bertajuk “Workshop for Commercial PhotographCosmetics and Cars Studio Photographs.

Karya pertamanya yang membuat orang mengenal seorang Darwis Triadi adalah saat ia memotret produk Panasonic untuk sebuah kalender. Berkat pemotretan tersebut, ia berhasil mendapatkan Matsushita Awards dari Jepang. Berawal dari situlah ia mulai dikenal orang sebagai fotografer profesional.

Ia juga sudah pernah mengadakan pameran tunggal pada tahun 1986 serta workshop pemotretan barang untuk keperluan iklan. Ia juga pernah mengadakan pameran tunggal yaitu pada tahun 2005 di Museum Nasional, Jakarta.

Selain berhasil mengadakan pameran tunggal, dia pernah mengadakan beberapa pameran bersama fotografer lain di antaranya pada tahun 2010 pameran bersama yang bertajuk Save Life Through Picture bersama dengan Arbain Rambey, Rarindra Prakarsa, Adjie Lubis, Theo husayanto, Enrico Sitompul yang diadakan di Senayan City, Jakarta.

Pada tahun 2008 ia juga berhasil mengadakan pameran bersma John Stanmeyer, Sigit Pramono, Oscar Motuloh, Lans Brahmantyo, Martin Westlake, Dieter Behrens, Agus Leonardus yang diadakan di Jawa Timur dengan judul Land of Fire God.

Terbaru, ia ditunjuk sebagai fotografer untuk memotret pasangan presiden dan wakil presiden republik Indonesia terpilih pada periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Hasil foto tersebut akan dipajang di setiap kantor pemerintahan di seluruh Indonesia dan acara kenegaraan. Darwis Triadi memiliki pengalaman luar biasa dalam memotret orang nomor 1 di Indonesia tersebut, dia melihat Jokowi sangat sederhana, dan memberikan kepercayaan penuh sehingga berkat kepercayaan tersebut Darwis Triadi mendapatkan foto-foto yang hasilnya tidak mengecewakan. Sebab kepercayaan dalam urusan potret memotret merupakan hal yang penting.

Ia juga berhasil menulis buku dengan judul Kembang Setaman, Terra Incognita Tropicale, Secret Lighting serta majalah Indonesian Photographer. Buku lain yang berhasil ia tulis adalah Land of Fire God, Sensual Art Photography, Melihat dengan Mata Hati–Hidup Anugerah dan Fotografi serta Yang Tercinta. Namun dalam buku hasil tulisannya tersebut ia hanya menggunakan sedikit tulisan. Alasannya sangat sederhana karena fotografi merupakan praktek yang harus lebih sering dilakukan daripada hanya teori di tulisan saja.

Saat ini Darwis Triadi aktif mengajar di Darwis Triadi School of Photograph serta sebagai pembicara dalam berbagai seminar dan workshop tentang fotografi.