Biografi Darwis Triadi, Sang Fotografer Idealis

Darwis Triadi, sosok pria berdarah Jawa ini merupakan salah satu fotografer profesional di Indonesia. Dia sudah menekuni bidang ini sejak tahun 1979. Namun, banyak lika-liku kehidupan yang harus ia jalani sebelum ia terkenal seperti sekarang.

Kualitas hasil karyanya tidak perlu diragukan lagi.

Ia bahkan berhasil mendirikan sekolah fotografi bernama Darwis Triadi School of Photograph di beberapa kota di Indonesia.

Dia berkomitmen untuk selalu berbagi ilmu tentang fotografi kepada yang ingin belajar dan melahirkan fotografer profesional yang idealis.

Biografi Darwis Triadi

Nama Lengkap (beserta gelar)Andreas Darwis Triadi
KebangsaanIndonesia
Tempat LahirSolo
Tanggal Lahir15 Oktober 1954
Pendidikan TerakhirSekolah Penerbangan LPPU, Curug
Profesi UtamaFotografer
Prestasi/ PencapaianGold award dari Matsushita Award Jepang, bidang fotografi.

1. Sekilas tentang Darwis Triadi

Andreas Darwis Triadi atau yang biasa dikenal dengan Darwis Triadi merupakan salah satu fotografer profesional di Indonesia. Ia sudah berkecimpung di dunia fotografi selama 40 tahun dimulai dari tahun 1979. Dia bahkan dipercaya untuk memotret pasangan presiden dan wakil presiden Indonesia terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam pemotretan resminya.

Namun siapa sangka bahwa pendidikan yang ia tempuh sebelumnya tidak mempunyai korelasi dengan fotografi. Tetapi ia berhasil membuktikan bahwa hasil perjuangannya tidak akan mengkhianati usaha yang selama ini ia tempuh.

2. Perjalanan Hidup

Perjalanan hidup seorang Darwis Triadi memang tidak mudah, apalagi ketika dia mengambil keputusan untuk meninggalkan dunia penerbangan dan mulai merintis kariernya sebagai fotografer. Keputusannya tersebut sempat ditentang oleh kedua orang tuanya, namun ia berhasil meyakinkan kedua orang tuanya bahwa ia juga dapat mencapai kesuksesan dengan menjadi fotografer.

Perjuangannya tidak berhenti sampai di situ, ketika ia memutuskan menjadi fotografer dan dia belum memiliki ilmu yang cukup ia harus berjuang lebih untuk mendapatkan ilmu tentang fotografi.

Ia mulai mendalami dunia fotografi secara otodidak. Ia juga membaca banyak buku yang terkait dengan dunia fotografi dan banyak melakukan praktek langsung, bahkan ia sempat mengikuti beberapa kursus di luar negeri.

Perjuangan panjang tersebut akhirnya dapat berbuah manis, ia berhasil mengikuti pameran yang diadakan di Indonesia maupun di luar negeri. Bahkan ia berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti Matsushita Jepang.

3. Riwayat Pendidikan Darwis Triadi

Darwis Triadi awalnya tidak menempuh pendidikan yang sejalan dengan kariernya saat ini. Dia dulunya merupakan lulusan sekolah penerbangan. Pada tahun 1975 ia menempuh pendidikan di sekolah penerbangan di daerah Curug yaitu LPPU Curug, Tangerang. Setelah ia berhasil menyelesaikan pendidikannya tersebut, ia merasa tidak klop dengan dunia penerbangan bahkan ia telah mendapat surat izin sebagai penerbang pesawat pada 1978.

Dia mengambi keputusan besar yaitu ia memutuskan untuk beralih ke dunia fotografi.

Hal tersebut merupakan sebuah keputusan yang sangat mengubah hidupnya, apalagi dapat dikatakan ilmu tentang fotografinya masih belum memadai. Namun ia dapat mengejar ketertinggalan mengenai ilmu fotografi dengan membaca buku yang terkait dengan bidang fotografi dan melakukan praktek langsung ke lapangan.

Pada tahun 1983, ia memulai belajar fotografi secara lebih mendalam dengan mengikuti berbagai kursus yang terdapat di beberapa negara seperti Jerman dan Swiss. Alasan ia memilih Jerman dan Swiss sebagai tempat kursus adalah kedua negara tersebut merupakan pusat alat-alat fotografi, khususnya tentang teknik-teknik kamera dan pencahayaan.