Ini Dia 5 Bahasa yang Paling Sulit Dipelajari

Bahasa mempunyai peran yang sangatlah penting karena digunakan sebagai sarana komunikasi.

Namun ada nih beberapa bahasa yang sangatlah sulit untuk dipelajari, tetapi jika punya niat yang kuat maka bahasa-bahasa yang sulit ini pasti bisa ditaklukkan.

Bahasa apa saja ya kira-kira?

Jika penasaran Anda bisa baca ulasan yang ada di bawah ini karena akan dijelaskan mengenai 5 bahasa di dunia yang paling sulit untuk dipelajari.

Bahasa paling sulit dipelajari
Bahasa paling sulit dipelajari

1. Mandarin

Tiongkok mempunyai 3 bahasa utama, salah satunya adalah bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak digunakan oleh penduduk Tiongkok dan sejak tahun 1956 bahasa ini dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Rakyat Tiongkok.

Bahasa yang juga digunakan oleh Taiwan dan Singapura ini masuk dalam jajaran bahasa di dunia yang paling sulit dipelajari lho.

Ada banyak sekali han zi atau karakter dalam Mandarin yaitu sekitar 80.000, tetapi Anda hanya perlu menghafalkan 2000 sampai 3000 karakter saja untuk membaca surat kabar.

Selain itu intonasi atau nada pengucapan dari setiap katanya terbagi menjadi 5 yaitu nada tinggi, nada meningkat, nada menurun kemudian meninggi, nada menurun, dan nada datar.

Jadi satu huruf yang sama tapi intonasinya berbeda bisa saja artinya juga beda lho.

2. Thailand

Bahasa Thailand atau Thai adalah bahasa resmi yang digunakan di Negeri Gajah Putih atau Thailand.

Bahasa ini menjadi salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari karena mempunyai 44 konsonan dengan 5 intonasi nada, yaitu nada tinggi, sedang, rendah, menaik, dan menurun.

Jika nada yang diucapkan berbeda maka maknanya pun akan berbeda pula.

3. Arab

Bahasa Arab adalah bahasa resmi dari 25 negara dan menjadi bahasa peribadatan dalam agama Islam serta digunakan sebagai bahasa dalam Alquran.

Bahasa ini juga dikenal sebagai bahasa yang sulit untuk dipelajari karena mempunyai banyak sekali dialek, jadi kalau mau belajar bahasa Arab harus yang spesifik ya mau dialek Mesir, Maroko, Saudi, atau yang lainnya.

Meskipun sama-sama menggunakan bahasa Arab, banyak negara yang mempunyai ciri khas dan karakter yang tidaklah sama.

Tidak hanya itu saja, tetapi bahasa Arab juga mempunyai kosakata yang sangat banyak bahkan jumlahnya bisa mencapai lebih dari 12 juta kosakata.

Tidak seperti bahasa Inggris yang hanya mempunyai 600 ribu dan Perancis 150 ribu kosakata.

Maka dari itu tidak heran jika butuh waktu yang lumayan lama untuk mempelajari bahasa ini.

4. Rusia

Bahasa Rusia adalah bahasa yang digunakan di beberapa daerah seperti Rusia, Uzbekistan, Belarus, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan.

Bahasa Rusia termasuk dalam jajaran bahasa di dunia yang sulit dipelajari karena menggunakan alfabet yang tidaklah sama dengan biasanya.

Bahasa ini menggunakan alfabet Cyrillic.

Tidak hanya alfabetnya, tetapi intonasi kata dalam bahasa Rusia juga cukup membuat bingung.

Tidak adanya aturan tertentu yang menegaskan perbedaan satu kata dengan kata yang lainnya membuat pelajar harus mempelajarinya semua.

5. Jepang

Bahasa Jepang adalah bahasa resmi Jepang yang juga digunakan oleh beberapa penduduk dari negara yang pernah menaklukannya seperti Republik Tiongkok dan Korea.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi bahasa ini juga masuk dalam bahasa yang paling sulit untuk dipelajari.

Orang Jepang tidak terbiasa menulis dengan menggunakan huruf latin atau romawi, tetapi mereka biasanya menulis dengan aksara Jepang yaitu Katakana, Hiragana, dan Kanji.